Sebelas Siswa MTsN 4 Banjarnegara Ikuti Kompetisi Pra-KSM Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sebelas siswa MTs Negeri 4 Banjarnegara kemarin Sabtu, (14/5), mengikuti kompetisi Pra-KSM se-Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan secara daring, bertempat di Laboratorium IPA madrasah. Adapun rincian peserta yang mengikuti Pra-KSM adalah 5 anak untuk bidang IPA, 4 siswa Matematika, dan 2 siswa IPS.  Dalam kompetisi Pra-KSM ini siswa diwajibkan menyelesaikan soal dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 60 soal IPA, 30 soal Matematika, dan 75 soal IPS. Kompetisi dimulai pukul 08.00-10.00 WIB untuk IPA, pukul 13.00-15.00 Matematika, dan pukul 15.00-17.00 untuk bidang IPS.

Kompetisi Pra-KSM Se-Provinsi Jawa Tengah merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) yang bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jateng, untuk memfasilitasi siswa siswi berprestasi dan menjadi sarana evaluasi kemampuan untuk mengembangkan kapasitas diri dan kompetensi secara mendalam.  

Selain hal tersebut, kompetisi Pra-KSM ini juga sebagai upaya mendorong siswa-siswi untuk tetap melakukan upaya pendidikan di tengah Pandemi Covid-19 sehingga tetap dapat belajar dan berprestasi.

“Kompetisi Pra-KSM ini juga sekaligus sebagai persiapan para siswa kita untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 ini maupun tahun mendatang,” jelas Kepala MTsN 4 Banjarnegara, Sidik Wibowo Akhmad saat dimintai keterangan.

Sebelum mengikuti Kompetisi Pra-KSM ini, para siswa telah mempersiapkan diri dengan dibimbing oleh guru-guru masing-masing bidang atau mata pelajaran. Para siswa diberikan latihan soal-soal secara rutin tiap hari.

Salah satu pembimbing mapel IPS, Halimatus Sadiyah optimis siswanya bisa menyelesaikan soal-soal secara maksimal dan berharap dapat meraih medali.

“Kami sudah berusaha melakukan bimbingan semaksimal mungkin, mudah-mudahan di ajang Pra-KSM ini siswa bisa meraih medali,” ujar Halimatus Sadiyah.

Untuk ketentuan jumlah juara pada kompetisi Pra-KSM ini sesuai juknis adalah 35 % dari jumlah peserta tiap bidang yang mengikuti kompetisi se-Jateng dengan rincian 5% peraih medali emas, 10% perak, dan 20% perunggu. Adapun yang mendapatkan hadiah juara adalah khusus tiga besar yaitu juara 1, 2, dan 3.

“Alhamdulillah pelaksanaan kompetisi berjalan lancar, hampir tidak ada kendala yang berarti. Kegiatan tadi selesai pukul 17.00 WIB. Semoga hasilnya bisa sukses,” terang Farid Alfarisi, pembimbing mapel IPA MTsN 4 Banjarnegara yang ikut mendampingi siswa berkompetisi. (khm/rf)