Serentakkan Pembuatan Soal Ujian Madrasah Melalui Media e-Learning

Banjarnegara – Ujian madrasah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Kegiatan ujian madrasah di MI Maarif Unggulan (MIMAU) Al Falah Joyokusumo akan dilaksanakan pada tanggal 11/05/2022. Ujian madrasah dilaksanakan menggunakan media e-learning. E-learning merupakan sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (inggris: electronic learning disingkat e-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja.

Untuk menyukseskan kegiatan ujian madrasah di MIMAU, segala bentuk upaya dan persiapan telah dilakukan oleh para guru, khususnya dalam pembuatan soal ujian. Soal ujian dibuat oleh masing-masing guru dengan mata pembelajaran yang berbeda melalui e-learning. Para guru melakukan persiapan tersebut secara serentak atau bersama-sama di ruang guru dengan fokus.

Pembuatan soal melalui media e-learning dimulai dengan para guru log in terlebih dahulu ke link website yang telah dipersiapkan, dengan mengisi NIK dan passwordnya. Setelah itu, guru menyiapkan ruang kelas dengan judul ujian madrasah beserta mata pembelajaran masing-masing.

“Saya pribadi senang jika melakukan pekerjaan khususnya mempersiapkan ujian secara bersama-sama seperti ini, para guru jadi bisa saling membantu apabila ada yang kesulitan,” ungkap Rosana salah seorang guru mata pelajaran agama pada Rabu, (11/5) 

Hal ini diharapkan dapat memberikan upaya persiapan yang lebih matang serta meningkatkan kekompakan dalam bekerja sama antar guru di Mi Maarif Al Falah Joyokusumo. Proses pembuatan soal atau penguploudan soal melalui e-learning dapat diselesaikan secara bersama-sama.

“Alhamdulillah para guru dapat mempersiapkan segala sesuatu untuk ujian madrasah dengan baik, kami harapkan hasil yang terbaik untuk anak-anak di madrasah kita”, pungkas Tismiatin guru kelas 6 (ua/ak/rf)