081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Bidang PAI adakan Orientasi Pelopor Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Kabid PAI Imam Buchori (Kanan) mendampingi staf khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo Saat menjadi narasumber

Semarang (PAIS)-Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Prov. Jateng mengadakan kegiatan orientasi pelopor moderasi beragama. Kegiatan yang diselenggarakan selama empat hari sejak 9 sampai dengan 12 september 2022 tersebut berlangsung di Hotel Candi Indah Semarang.

Pada kegiatan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng H. Musta’in Ahmad berkesempatan hadir melalui zoom untuk menyapa para peserta serta memberikan pengarahan sekaligus membuka acara secara resmi.

H. Musta’in Ahmad berharap kepada peserta sebagai ASN Kemenag agar selalu menjadi pelopor moderasi beragama di lingkungan masing-masing.

“Saya berharap para peserta menjadi pelopor moderasi beragama untuk memperkuat daerahnya masing-masing, harapnya.

Adapun pada kesempatan itu hadir staf khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo yang menjadi narasumber dalam kegiatan menyampaikan pentingnya prinsip-prinsip agama dalam masyarkat kehidupan di masyarakat.

“Negara kita memang bukan negara agama tapi prinsip-prinsip agama itu hampir semuanya melingkupi kehidupan kita semua,” paparnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan moderasi beragama bukan untuk memoderasi agama karena agama itu moderat tetapi yang di moderasi adalah umat beragamanya.

“Moderasi bukanlah upaya memoderasi beragama sebagaimana kita diskusikan,” terang Wibowo Prasetyo yang merupakan Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Media.

Staf khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo hadir bersama Ahmad Fauzin Karo HDI Kemenag RI didampingi Kabid Pendidikan Agama Islam H. Imam Buchori dan jajarannya.

Selain itu narasumber kegiatan adalah Ahmad Aufarul Marom dan Made Saihu dari Tim Pokja Moderasi Beragama. Narsumber juga dari tokoh agama yaitu KH. Ubaidillah Shodaqah Rois Syuriah PWNU Jawa Tengah dan beberapa narasumber lain.

Kegiatan tersebut diikuti oleh PTP dan JFU Bidang PAI Kanwil Kemenag Prov. Jateng, para kepala seksi PAI/PAKIS Kankemenag Kab./Kota, pengawas PAI, dan guru PAI. (dsr/rf)