Cholidah Hanum selaku Sekretaris DWP Kemenag Kota Semarang menyampaikan laporan pada kegiatan Raker bulan September 2022

Kaleidoskop Kegiatan DWP Kota Semarang Periode Februari-Agustus 2022

Semarang- Rabu (14/9/2022) Cholidah Hanum selaku Sekretaris Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kememag) Kota Semarang, dalam pertemuan yang digelar di aula kantor setempat melaporkan kegiatan yang telah diikuti dan dilaksanakan oleh DWP Kemenag Kota Semarang pada beberapa bulan terakhir.

“Kemenag merupakan satker yang unik, sehingga DWP Kemenag Kota Semarang tidak hanya mengikuti kegiatan pada DWP Kota, tetapi juga DWP Kemenag Kanwil dan Kemenag Pusat,” terangnya.

“Sesuai kesepakatan, seharusnya pertemuan dilaksanakan rutin setiap 2 bulan sekali, tetapi karena padatnya agenda kegiatan, sehingga kami baru bisa menyelenggarakan pertemuan kembali pada hari ini, setelah pertemuan sebelumnya di bulan Mei yang diselenggarakan di MTsN 1,” tuturnya.

“Karena pertemua pada bulan Mei bersamaan dengan kegiatan halal bi halal, sehingga kami tidak sempat membacakan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan maupun diikuti oleh DWP. Untuk itu kami akan sampaikan kegiatan-kegiatan selama periode Februari-Agustus,” imbuhnya.

Secara rinci ia menguraikan kegiatan dimaksud baik yang diselenggarakan mandiri oleh DWP Kemenag Kota Semarang, maupun yang bersifat partisipatif pada DWP Kota Semarang, DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng, maupun DWP Kemenag Pusat.

“Keikutsertaan kita pada kegiatan yang diselenggarakan oleh DWP Kota Semarang diantaranya, pelatihan mengukir buah, sosialisasi gemar makan ikan, seminar perempuan berdaulat, pelatihan merangkai balon, pelatihan membuat jamu, sosialisasi perempuan anti korupsi, pembinaan mental baik untuk muslim maupun nasrani, literasi kearsipan bagi keluarga, lomba jingle DWP Kota Semarang dimana DWP Kemenag Kota Semarang berhasil lolos menjadi 12 besar dari sekitar 50 Unsur Pelaksana DWP se-Kota Semarang. Selain itu, secara rutin Ibu Ketua DWP juga mengikuti rapat kerja yang dilaksanakan setiap bulan,” terangnya.

“Sedangkan dalam kegiatan DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng, beberapa anggota DWP Kemenag Kota Semarang telah mengikuti tes IVA dan SADANIS yang dilaksanakan di Poltekkes Semarang pada Agustus kemarin,” ungkapnya.

“Kita pun berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan secara online oleh DWP Kemenag Pusat seperti, webinar nasional moderasi beragama, webinar nasional peran perempuan dalam mencegah radikalisem, webinar nasional deteksi dini kanker serviks, webinar nasional wanita sehat Indonesia kuat, webinar nasional dalam rangka memperingati Hari Kartini, webinar nasional pola hidup sehat gizi optimal sebagai investasi jangka panjang, dan pengajian rutin bulanan,” katanya.

“Perlu kami sampaikan pula bahwa pada bulan Muharam, DWP bekerja sama dengan UPZ Kemenag Kota Semarang mengadakan kegiatan berbagi anak yatim,” jelasnya.

Ia menyampaikan pula, saat ini sedang melakukan pendataan ulang anggota DWP Kemenag Kota Semarang, yang ditargetkan akan selesai pada minggu ini.

Selain Hanum, masing-masing bidang juga menyampaikan laporannya, yang langsung mendapatkan tanggapan, arahan dan pembinaan dari Ketua DWP Kemenag Kota Semarang.(NBA/bd)