Master Database GPAI Tentukan Arah Kebijakan Pencairan TPG, Tunjangan Insentif dan BSU

Wonosobo – Melalui seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS), Kankemenag Kab. Wonosobo menggelar rapat FKG KKG MGMP dan Pengawas PAI dalam rangka update data Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (SIAGA)dan Education Management Information System (EMIS)tahun 2022 pada jenjang SD, SMP, SMA-K.

Guna memberikan pemahaman yang mendetile, pelaksanaan digelar per jenjang yakni untuk SMA-K dilaksanakan pada hari Rabu, (21/09) di ruang pertemuan SMA N 1 Wonosobo, jenjang SD pada hari Kamis, (23/09) di Aula Kankemenag Kab. Wonosobo dan jenjang SMP akan dilaksanakan pada (28/09) mendatang.

Acara dihadiri oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, Kasi PAIS, Nawawi, dan diikuti oleh 72 GPAI pada jenjang SMA-K, dan 105 GPAI pada jenjang SD. Sementara bertindak sebagai narasumber acara yakni staf seksi PAIS sekaligus operator aplikasi SIAGA dan EMIS Kankemenag Kab. Wonosobo.

Dalam acara pembukaan, Ahmad Farid, melalui sambutannya menyampaikan bahwa aplikasi SIAGA dan merupakan basis dari seluruh data-data Pendidik dan pendidikan Islam. “Karena aplikasi ini menyimpan seluruh data pendidik dan pendidikan Islam, maka keduanya harus terintegrasi dan diisi dengan benar karena dapat menunjang kebutuhan satuan pendidikan maupun personal,” kata Farid.

Hal lain ia sampaikan terkait keberadaan GPAI yang dituntut untuk terbiasa dengan kemajuan jaman.

“GPAI harus terpantau dengan system. GPAI sekarang ini bukan hanya normative sesuai kurikulum saja, jadi GPAI juga dituntut untuk menyesuaikan perkembangan jaman dengan menjadi guru yang milenial atau update perkembangan. Selain itu, GPAI juga diminta untuk turut serta mensukseskan program prioritas dan visi misi Kementerian Agama,” terang Farid.

Selain hal tersebut, Ahmad Farid, juga berpesan kepada GPAI untuk turut mensosialisasikan terkait moderasi beragama di sekolah, dalam upaya membentuk lingkungan yang harmonis dengan mengedepankan rasa saling menghormati kepada yang berbeda keyakinan dengan sikap toleransi.

Sementara itu dalam sambutannya, Kasi Pais, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para peserta yang telah hadir dalam rapat tersebut. Ia menghimbau agar peserta dapat menyimak materi yang akan disampaikan oleh narasumber.

Selanjutnya dalam materinya, Mufidah, menerangkan runtutan pengisian data melalui aplikasi SIAGA dan dilanjutkan dengan tutorial pengisian data melalui aplikasi EMIS. Ia juga menerangkan kembali kepada peserta agar pengisian dilakukan dengan cermat dan benar.

“Dalam Pengisian/updating data mohon diisi sesuai dengan realita, karena data akan digunakan sebagai master data base pusat dan akan digunakan untuk menentukan pengambilan kebijakan, baik pencairan TPG, Tunjangan Insentif, BSU penentuan kepesertaan PRETEST, PPG maupun kebijakan lainnya,” tandasnya.(Ps-ws/Sua)