Mengembangkan Literasi dan Moderasi Beragama Melalui Utsawa Dharma Gita (UDG)

Karanganyar (Bimas Hindu) – Utsawa Dharma Gita (UDG) salah satu upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan literasi sastra Veda, melalui Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Kabupaten Karanganyar, UDG tingkat Kabupaten Karanganyar dapat terselenggara pada Minggu, 18 September 2022 bertempat di Gedung Balai Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

UDG dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Wiharso dan ditutup oleh Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, I Dewa Made Artayasa. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa Pasraman Non Formal dan Sekolah Minggu yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Dalam sambutannya, I Dewa Made Artayasa memberikan selamat atas terselenggaranya UDG tersebut serta ucapan selamat kepada para pemenang. “Bagi adik-adik yang menjadi juara pada hari ini, saya berpesan untuk tidak cepat berpuas diri, harus lebih ditingkatkan lagi kualitasnya, agar nanti dapat bersaing ditingkat provinsi bahkan ditingkat nasional. Peran para pelatih dan pembina, dalam hal ini LPDG Kabupaten Karanganyar juga harus ditingkatkan terus dalam menjaring potensi yang ada di Kabupaten Karanganyar,” ucap I Dewa Made Artayasa.

Ketua LPDG Kabupaten Karanganyar, Sumarno menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan Utsawa semacam ini, selain untuk ajang melatih skil dan mental, diharapkan juga dapat menjaring lebih banyak siswa berbakat, sehingga lebih siap dalam UDG tingkat Provinsi Jawa Tengah.(Hindu Jateng/Sua)