Penyuluh Agama Bimbing Masyarakat Mualaf

Wonosobo – Gregoria Lantarsih, gadis cantik asal Magelang, resmi memeluk agama Islam, usai mengucapkan kalimat Syahadat di Masjid Besar Al Munada Kepil, pada hari Senin, (05/09).

Gregoria mengucap kalimat syahadat dibimbing oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Kankemenag Kab. Wonosobo, Mustofa Al Kifli, yang juga disaksikan oleh sejumlah saksi, Tokoh setempat dan Penyuluh Agama pada KUA Kecamatan Kepil.

Sebelum proses pengucapan lafaz Syahadat, Mustofa, memastikan bahwa Geegoria tidak dalam paksaan dari pihak manapun untuk memutuskan menjadi Mualaf.

Berdasarkan keterangan Mustofa, alasan Gregoria mengikrarkan diri masuk Agama Islam yakni karena akan melangsungkan pernikahan dengan salah satu dambaan hatinya yang beragama Islam dan berasal dari Kecamatan Kepil.

Dengan masuk Islamnya Gregoria, Mustofa mengaku sangat bersyukur, karena telah bertambahnya saudara muslim dan meminta, kepada Gregoria untuk segera mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar, kemudian langsung belajar salat lima waktu.

“Setelah bersyahadat muallaf harus menjalankan kewajibannya sebagai seorang Muslim seperti menunaikan Sholat, menjalankan puasa dan mempelajari kitab  suci umat Islam agar pengetahuan tentang Islamnya lebih baik,” pesan Mustofa.

Acara ditutup dengan doa dan penyerahan piagam ikrar masuk Islam oleh Faqih Al Aziz dari KUA Kecamatan Kepil sebagai bukti masuk Islam dan untuk mengurus administrasi kependudukan.

Mengetahui adanya kegiatan tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, berpesan agar penyuluh Agama Islam maupun petugas KUA yang membimbing seseorang yang ingin mualaf, betul-betul didampingi serta diberikan bekal pengetahuan dasar ajaran Agama Islam.

“Pastikan tidak ada paksaan dalam hal tersebut, serta jangan lupa untuk dibimbing, dibina dan diberikan ilmu dasar usai menjadi Umat Islam,” kata Farid. (wkh-ws/Sua)