PPH Mathla’ul Anwar Jateng Perkenalkan Program Sehati Kemenag kepada Rumah BUMN Mandiri Semarang

Semarang, Kamis (22/9/2022) Ketua PPH Mathla’ul Anwar Jawa Tengah datangi Rumah BUMN Mandiri Semarang, di kantor sekretariat yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 73 Lantai 2 Kota Semarang.

Dalam kunjungannya, H. Agus Haryadi selaku Ketua PPH Mathla’ul Anwar Jateng menyampaikan, kehadirannya di Kantor Rumah BUMN Mandiri dalam rangka silaturahim untuk memperkenalkan program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) 2022 yang digagas oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Silaturahmi itu pun disambut baik oleh Wahyu Sapto selaku supervisor Rumah BUMN Mandiri Semarang. Selain itu nampak pula Rahma Putri dan Edwin Leonardo admin Rumah BUMN.

Dalam sambutannya, Wahyu Sapto menyampaikan, Rumah BUMN Mandiri Semarang memiliki nasabah sekitar 500 UMKM, yang sebagian besar merupakan pelaku usaha di bidang makanan dan minuman. “Sebagian nasabah sudah menanyakan pada Rumah BUMN Mandiri tentang Sertifikasi Halal bagi UMKM, jadi kebetulan sekali Mathla’ul Anwar hadir disini,” tuturnya.

Menimpali apa yang disampaikan Sapto, Edwin dan Putri menanyakan bagaimana teknis pengajuan sertifikasi halal. “Bagaimana teknisnya agar pelaku usaha atau UMKM ini dapat mengikuti program sertifikasi halal gratis? Program tersebut diperuntukkan untuk semua pelaku usaha atau hanya tertentu saja,” tanyanya.

Secara terinci Agus Haryadi menjelaskan bahwa program selfdeclare diperuntukkan khusus bagi pelaku usaha produk makanan dan minuman ringan, dan non sembelihan. ”Insya Allah teknis tersebut akan disampaikan saat sosialisasi pada UMKM dan pelaku usaha binaan Rumah BUMN Mandiri Semarang,” terangnya.

“Bahkan pemerintah pada bulan September ini, memberikan fasilitas gratis kepada kurang lebih 324.000 UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal gratis tanpa biaya sedikitpun,” pungkasnya.(Agus Haryadi/NBA/bd)