Siswa MTs N 1 Banjarnegara Semangat Laksanakan Penilaian Akhir Semester secara Digital

Banjarnegara – Sebagai wujud lengkapnya proses pembelajaran maka MTs N 1 Banjarnegara melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal tahun pelajaran 2022/2023. PAS dilaksanakan selama 1 minggu (28/11–3/12 2022). PAS  diikuti oleh kelas VII, VIII, dan IX secara serentak. MTs N 1 Banjarnegara bekerja sama dengan Google Form dalam pelaksanaan PAS semester gasal, sehingga seluruh siswa MTs N 1 Banjarnegara mengerjakan PAS tahun ini secara daring menggunakan aplikasi GF tersebut.

Soal yang diujikan dalam PAS dibuat oleh guru pengampu mata pelajaran masing-masing. Soal berjumlah 40 butir untuk mata pelajaran Matematika, IPA. Soal berjumlah 50 butir untuk mata pelajaran lainnya. Soal tersebut diunggah di aplikasi GF oleh guru pengampu mata pelajaran. Agar proses pelaksanaan penilaian tetap terjaga kualitasnya meskipun dilakukan secara daring maka durasi waktu pengerjaan soal dibatasi agar siswa MTs N 1 Banjarnegara disiplin dalam mengerjakan PAS.

PAS di MTs N 1 Banjarnegara dilaksanakan setiap hari. Mata pelajaran yang diujikan hanya dua mata pelajaran setiap harinya agar siswa bisa maksimal mempersiapkan diri dan  dilaksanakan pukul 07.00-12.00 WIB. Durasi waktu pengerjaan dibatasi 120 menit dan 90 menit disesuaikan dengan karakter mata pelajaran. Standard Operational Procedure (SOP) untuk siswa dimulai dengan pengkondisian siswa.

Selama kegiatan PAS berlangsung, Guru mata pelajaran bertugas memantau pelaksanaan penilaian di Geschool pada saat mata pelajarannya diujikan. Selanjutnya bila ada siswa yang belum mengerjakan pada waktunya, guru mata pelajaran segera mengkoordinasikan kepada wali kelas. Dengan SOP demikian maka pelaksanaan PAS bisa dipantau lebih cepat. Siswa yang terkendala secara teknis bisa segera melapor pada wali kelas sehingga bisa langsung mendapat solusi dengan cepat.

Waka Kurikulum Yuniati menyampaikan bahwa pelaksanaan PAS Semester gasal pada hari pertama berjalan dengan lancar. Kendala teknis seperti masalah jaringan, dan fasilitas penunjang dapat diatasi. Madrasah memfasilitasi siswa yang tidak memiliki akses internet dengan mengajak siswa mengerjakan di laborat IPA. Diharapkan PAS akan terus lancar hingga akhir pelaksanaan.

Kepala MTs N 1 Banjarnegara Eko Widodo menyampaikan harapannya “Pelaksanaan pembelajaran yang selama ini dilaksanakan secara inovatif, maka disempurnakan dengan penilaian untuk mengukurnya. Dengan penilaian ini diharapkan seluruh siswa MTs N 1 Banjarnegara terpacu untuk berprestasi maksimal sehingga ilmu yang didapat dari guru makin melekat dan terukur. Nantinya hasil PAS ini akan dilaporkan kepada wali murid sebagai salah satu bentuk tanggung jawab madrasah.” (ran/rf)

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist