HAB ke-77, Kemenag Kabupaten Magelang Deklarasikan Damai Umat Beragama dalam Jalan Sehat Kerukunan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang Panut mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Magelang bersama Forkompimda, Forkompimcam Kecamatan Borobudur, Pemuka Agama dan Pemuda Lintas Agama serta masyarakat keseluruhan untuk terus merawat kerukunan umat, menghindari perpacahan serta selalu menghargai adanya perbedaan.

Hal tersebut disampaikan Kakan Kemenag Kabupaten Magelang dalam sambutan giat Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama di Lapangan Kujon Borobudur pada Sabtu, (14/01/2023). Agenda tersebut digelar serentak seluruh Kantor Wilayah Kemenag Propinsi di Indonesia.

Gelaran kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Adi Waryanto mewakili Bupati Magelang.

Dalam kesempatan tersebut, Adi Waryanto menyampaikan bahwa Peringatan Hari Amal Bhakti ke-77, disamping untuk olahraga sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan melibatkan semua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Magelang sebagai salah satu langkah dalam rangka mewujudkan serta menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi Pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan tentang ajaran agama sekaligus berperan untuk mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua masyarakat terutama di Kabupaten Magelang,” papar Adi.

Beliau juga berharap di usia ke-77, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang dapat terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam rangka mewujudkan Kabupaten Magelang yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Amanah (Sedaya Amanah).

“Dirgahayu keluarga besar Kementerian Agama Republik Indonesia terutama untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, semoga senantiasa memperoleh tambahan energi positif dan semangat baru untuk meningkatkan peran aktifnya serta dapat memberikan kontribusinya secara nyata dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri, serta sejahtera lahir dan bathin untuk menuju Indonesia Hebat,” tutup Adi.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penandatanganan deklarasi Damai Umat Beragama dari beberapa pihak dan berbagai perwakilan agama yang ada di Kabupaten Magelang guna mendukung Umat Kerukunan untuk Indonesia Hebat.

Setelah kegiatan Jalan Sehat yang diikuti sekitar enam ribu pegawai dan guru Kementerian Agama, dilakukan pembagian Doorprize yang berasal dari berbagai satker dan unit yang ada di Kemenag Kabupaten Magelang serta berbagai sponsor yang terdiri dari pihak Bank, rekanan serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di Magelang.(FS/Sua)