MTsN 2 Rembang Kembangkan Perpustakaan Digital

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang –  Seiring dengan kemajuan teknologi, perpustakaan yang dulu identik dengan banyaknya buku yang tersusun di dalamnya, sekarang sudah bergeser ke arah digital. Membaca buku tidak harus datang ke perpustakaan, namun bisa diakses melalui ponsel dimanapun dan kapanpun.  

Menyikapi perkembangan teknologi digital, MTs Negeri 2 Rembang juga terus berinovasi dan berkreasi dalam memberikan layanan perpustakaan pada siswa sekaligus dalam rangka meningkatkan budaya literasi dengan menghadirkan Digital Library.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis, menyampaikan, program ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa, guru dan masyarakat dalam  mendapat informasi lewat aplikasi digital. “Silahkan memanfaatkan kemudahan ini dengan membaca, menambah pengetahuan, mencari hiburan dan belajar dari rumah atau dimana saja melalui buku sebagai koleksi Perpustakaan Digital MTs Negeri 2 Rembang. Karena budaya literasi melalui inovasi layanan perpustakaan berbasis digital dimaksudkan untuk mewujudkan SDM handal dan unggul,” paparnya ketika diwawancara Sabtu (12/3/2022).

Yunus Anis juga menjelaskan, walaupun pun masa pandemi COVID-19 ini belum berakhir, tidak akan menyurutkan semangat dalam berinovasi dan berkreasi guna memberikan pelayanan pada siswa dan guru dalam meningkatkan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan perpustakaan digital yang telah dimiliki MTs Negeri 2 Rembang.

Menurutnya, secara umum perpustakaan dikatakan berhasil adalah perpustakaan yang banyak dikunjungi oleh pemakai untuk memanfaatkan sumber-sumber informasi yang tersedia di dalamnya.

Sementara itu, Slamet Winarto selaku guru Bimbingan TIK sekaligus sebagai admin menjelaskan, perpustakaan Digital MTs Negeri 2 Rembang yang dibuatnya masih sangat sederhana dengan memanfaatkan google sites dan beberapa aplikasi pendukung.

Dengan perpustakaan berbasis digital ini mampu menyediakan ribuan buku baik fiksi dan non fiksi yang dapat diakses, dibaca atau di download langsung dengan menggunakan ponsel, laptop maupun PC. “Bukan hanya buku pelajaran saja yang tersedia, tetapi juga buku pengetahuan, keterampilan, agama, novel, cerita, antologi, komik dan lain sebagainya,” jelasnya.

 Slamet Winarto menambahkan, tingkat antusias siswa dan guru cukup tinggi untuk berkunjung ke perpustakaan digital. Hal ini bisa dilihat dari buku tamu, bahkan tak sedikit juga dari masyarakat umum yang memanfaatkan perpustakaan digital MTs Negeri 2 Rembang.

Pantauan di lapangan, tampak beberapa siswa sedang asyik membaca salah satu koleksi buku perpustakaan digital dengan menggunakan ponselnya untuk memanfaatkan waktu istirahat.  Jelita Maharani siswa kelas 9 mengungkapkan ketertarikannya untuk membaca  buku yang tersedia di perpustakaan digital.  “Saya bisa membuka buku kapan pun, dengan tampilan yang keren membuat saya menjadi terangsang untuk membaca.  Dan ini saya membaca novel untuk hiburan,” katanya sambil menunjukkan buku digital yang sedang dibaca dari ponselnya. (Wient/iq/rf)