365 CJH Kloter 5 Diberangkatkan Oleh Bupati Grobogan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan kembali memberangkatkan jemaah calon haji kloter 5 yang berjumlah 365 orang. Pelepasan jamaah tersebut dilakukan oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni di depan Pendopo Kabupaten Grobogan yang disaksikan oleh Kepala Kankemenag Grobogan, Ketua IPHI, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Kejaksaan, jajaran Forkompinda Grobogan,  dan 365 calon jamaah haji dalam kloter 5, Minggu, (05/06/2022).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan selamat bagi jamaah haji Kabupaten Grobogan yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan rukun Islam ke 5. Karena ibadah haji merupakan ibadah yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat islam. Tidak cuma menunggu 1 atau 2 tahun, tetapi harus rela menunggu 20 tahun kedepan bahkan hingga mencapai 40 tahun. 

“Untuk tahun ini jamaah haji harus bersyukur, karena sudah menunggu 1 atau 2 tahun, tetapi harus rela menunggu 30 tahun kedepan bahkan hingga mencapai 40 tahun. Dan juga terkendala mundur 2 tahun karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, yang sehingga pemberangkatan haji untuk tahun 2020 juga ikut mundur,” ungkap Sri Sumarni.

Bupati juga mengingatkan para tamu Allah SWT  untuk mendahulukan rangkaian ibadah yang wajid terlebih dahulu. Meskipun diawal akan teraca capek dan lelah, tapi lebih ringan hingga akhirnya nanti. Kekompakan dan kebersamaan terus dijaga, terutama menolong jamaah yang sudah tua saat di tanah suci. Jamaah diminta terus berkomunikasi dengan pemdamping atau pembing, jika tidak paham ketika menjalani rangkaian ibadah.

“Jaga kekompakan dan semangat kekeluargaan, rombongan bisa menjalankan ibadah haji sebaiknya-baiknya. Dan semoga diberikan kesehatan kekuatan selalu sehat, lancar ibadahnya dan menjadi Haji Mabrur,” ungkapnya.

Bukan hanya itu beliau berharap kepada jamaah untuk meningkatkan kesabaran dan seluruh jamaah haji untuk fokus menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji selama berada di tanah suci, hindarkan berfikir sekunder apalagi tertier. Selain itu beliau juga berpesan untuk mendo’akan bangsa dan negara serta para pemimpin bangsa agar bangsa Indonesia khususnya Kab.Grobogan senantiasa aman, nyaman dan kondusif.

“Jaga kekompakan baik didalam regu, kelompok, kloter ataupun sebagai jamaah haji membawa nama Indonesia, dengan kompak Insya Allah semuanya akan berjalan dengan tertib, aman sehingga dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk mengharapkan imbalan dari Allah SWT menjadi haji yang mabrur, Aamiin,” demikian pesannya.

Sementera Kasubag TU Kemenag Grobogan, Hadi Purwanto mengungkapkan bahwa jamaah haji yang diberangkatkan hari ini merupakan kloter 5 yang berjumlah 356 dan alhamdulillah dalam tes PCR negatif semua. Dan calon jemaah haji kloter 4 dari jumlah 210 orang, hanya 197 orang yang bisa berangkat karena setelah dilakukan test PCR yang 13 orang  dinyatakan positif covid-19. Dan pada kloter 4 yang terpapar positif Covid-19 kemarin berjumlah 13 orang alhamdulillah sudah diberangkatkan tadi malam di Asrama haji Donohudan Boyolali.

“Pemberangkatan jamaah calon haji Kab.Grobogan masuk pada gelombang pertama yang terbagi  menjadi 3 kloter, untuk pemberangkatan pertama kloter 4 berjumlah 210 orang yang tergabung dengan Kab. Jepara pada hari Sabtu kemarin pukul 15.00 WIB, disusul kloter 5 berjumlah 356 orang pada pukul 06.00 WIB dan akan disusul pemberangkatan terakhir kloter 6 berjumlah 66 orang pukul 05.30 WIB,” jelas Hadi Purwanto.

Hadi menambahkan, jemaah haji Kabupaten Grobogan dijadwalkan kembali ke tanah air pada 17 sampai 19 Juli mendatang, sehingga para jamaah haji diharapkan untuk menjaga kesehatan, lancar ibadahnya dan menjadi Haji Mabrur.(bd/Sua)