Sambut HUT RI Ke 77 FKUB Dan Kemenag Banyumas Gelar Doa Lintas Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto – Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kab. Banyumas bersama dengan Kantor Kemenag Kab. Banyumas menggelar Doa Lintas Agama . Kegiatan yang bertema Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Dalam Semangat Toleransi diikuti oleh seluruh ASN kantor Kemenag , penyuluh lintas agama, bertempat di aula Al Ikhlas ( Selasa, 16/08)

Hadir dalam kegiatan Doa Lintas Agama pengurus FKUB , tokoh agama dari Islam, Kristen , Katolik , Hindu , Budha, Konghucu dan Penghayat. Kepala KUA , Kepala Madrasah negeri.

Dalam sambutannya Kasubag TU Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas yang sekaligus sebagai sekretaris FKUB Muhammad Fauzi Aziz menyampaikan bahwa kegiatan doa lintas agama ini dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“ Marilah kita selalu bersyukur kepada Tuhan YME atas nikmat yang telah diberikan selama ini, marilah kita bersama sama berdoa agar didalam momentum memperingati HUT RI ke 77 ini dijauhkan dari bala dan musibah. Sebagai salah satu warga Negara yang baik kita bersyukur atas nikmat kemerdekaan dengan mengisi dengan hal hal yang positif sesuai dengan kemampuan kita masing masing,” terang Fauzi.

“ Dalam  rangka menjaga NKRI mari kita tanamkan sikap toleransi saling menghargai saling menghormati ditengah perbedaan di negara yang kita cinta ini,”  teranganya lebih lanjut.

Kepala kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim dalam sambutannya berharap bahwa pandemi covid segera berakhir dan bangkit kembali, Indonesia maju dan mudah=mudahan kita semua dikaruniai kesehatan keberkahan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk mengisi kemerdekan bagi negara yang kita cintai ini.

“ Kita sebagai generasi penerus sudah semestinya mengisi kemerdekaan, bahu membahu mengatasi ancaman , rintangan dan tantangan daik dari luar maupun dari dalam. Saatnya kita merefleksi diri apa yang sudah kita berikan kepada negara yang tercinta ini ,  bukan kebalikannya apa yang sudah negara berikan kepa kita,” ujarnya.

“ Indonesia itu luar biasa , maka kita syukuri kemerdekaan ini, kita syukuri karena lahir , besar dan bahkan insya allah mati di negera yang kita cintai ini,” ujarnya lebih lanjut.

Ditempat yang sama Irawan , salah satu peserta doa lintas agama dari penyuluh agama Kristen menyatakan bahwa kegiatan doa lintas agama ini sangat bagus dan patut diadakan lagi dalam momen momen penting lainnya.

“ Dengan adanya doa bersama dari semua lintas agama ini menunjukan bahwa masyarakat Banyumas selaras dan kompak, dan saling toleransi , disini kami bisa bersilaturahmi dengan teman – teman dari semua unsur agama lain,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan doa dari masing masing tokoh agama yaitu Kristen oleh pendeta Maria Puspitasari, Katolik Agus Wahyudi , Islam KH Sabar Munanto, Konghucu Budi Rohadi , Hindu Slamet , Budha Hermawan , Penghayat Edi Siswanto.(yud/rf)