Tak Cuma Jadi Media Kreativitas, Ini 5 Manfaat Melukis untuk Siswa Madtsansa.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Selasa, (23/8/22) bertempat di Laborat IPA, sebanyak 15 siswa MTs N 1 Banjarnegara mengikuti kegiatan ekstra jurnalistik. di dalam kegiatan tersebut, Risky Arbangi Nopi selaku pembina Jurnalistik memberikan materi mengenai kreativitas dalam berkarya melalui lukisan pada media kanvas.

Sejatinya, melukis merupakan salah satu aktivitas yang memerlukan kreativitas orang yang melakukannya. Kegiatan melukis bisa jadi salah satu cara mengekspresikan diri dan imajinasi seseorang.

“Aktivitas melukis juga bisa dilakukan oleh anak-anak yang masih kecil sebagai media untuk berekspresi secara kreatif.” terang Arbangi saat ditemui secara langsung pada Selasa, (23/8/22)

Lantas apa saja manfaat kegiatan melukis untuk siswa siswi MTs N 1 Banjarnegara? Berikut manfaat diantaranya:

1. Meningkatkan Konsentrasi dan Kreativitas

Belajar melukis bisa membantu anak meningkatkan kemampuannya untuk berkonsentrasi pada objek yang ada di hadapannya.

“Selain itu, melukis juga bisa membantu meningkatkan daya imajinasi siswa membayangkan rupa berbagai objek yang ada di sekitarnya.” terang Arbangi

2. Relaksasi

Menurut Arbangi, ketika siswa memfokuskan diri pada sebuah objek yang dilukisnya, maka akan timbul sensasi nyaman dan santai, sama seperti ketika seseorang melakukan meditasi.

3. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi nonverbal

Melukis bisa mendorong siswa untuk menyalurkan apa yang ada dalam pikirannya pada kanvas.

4. Melatih Ketekunan

Arbangi berpendapat bahwa proses melukis yang panjang akan mengajarkan siswa tentang apa itu ketekunan.

“Siswa akan berusaha untuk memperbaiki lukisan jika dirasa belum sesuai keinginan atau harapannya.” terangnya.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika respons positif itu diterima pada siswa, bisa membantu siswa untuk melanjutkan ketertarikan dan bakatnya dalam bidang lukis-melukis.

Itulah beberapa manfaat melukis melalui media kanvas. melalui ekstra jurnalistik, Arbangi juga memberikan kebebasan para anak didiknya untuk berkarya se kreativitas mungkin. (ran/rf)