Kemeriahan Pasar Kelas pada Pembelajaran Tematik Kelas 2 MIN 1 Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen-Pembelajaran yang akrab dengan aktifitas keseharian akan membawa dampak yang dalam dan berkesan. Pasar Kelas adalah salah satu tema pembelajaran yang coba diwujudkan dalam kegiatan nyata di MIN 1 Kebumen.

Seperti pada Selasa (11/10), di Kelas 2 MIN 1 Kebumen, kelas yang biasanya digunakan untuk belajar membaca, menulis dan berhitung dalam suasana hening, seketika berubah fungsi menjadi pasar yang meriah. Peserta didik dilatih menjual aneka jajanan kekinian karya wali peserta didik.

Widyastuti, M.Pd, selaku kepala madrasah ikut memantau hiruk pikuk pasar kelas. Menurutnya, kegiatan ini akan melatih anak terampil berhitung, bersikap jujur, berwirausaha dan terbiasa memilih makanan yang higienis.

Uswatun Hasanah salah seorang guru kelas 2 menyampaikan, kegiatan tematik ini akan memberi pemahaman langsung pada peserta didik tentang fungsi uang sebagai alat pembayaran.

“Dengan jual beli mereka dapat belajar matematika secara langsung yakni dengan menghitung uang yang dibayarkan maupun kembaliannya” ujar Uswatun.

Raihan dan Fawaz merasa senang jajanan yang mereka sajikan berupa Es Bubble, Milk Shake, dan Sosis Krispi ludes terjual. Soal keuntungan, sebagaimana yang diungkapkan wali murid, “keuntungannya yang penting anak senang, orang tua senang, guru juga senang”.

Bu Aliyah guru kelas 2C menjelaskan, jajanan yang dijual tidak boleh mengandung MSG dan pemanis buatan. Makanan harus buatan orang tua sendiri dan dijual pada rentang harga 1000 s.d. 2500. “Pokoknya jajanan harus sehat”, kata guru yang akrab dipanggil Bu Al.

Kemeriahan pasar kelas ternyata menyedot perhatian anak-anak PAUD di sebelah MI, dengan didampingi bundanya masing-masing mereka memilih aneka jajanan seperti susu kedelai, teh manis, rainbow ice, jasuke, banana crispy, salad jelly, macaroni schato, mojito ice, bola-bola coklat, sparkling rainbow, sosis gurita, donuts dll. (Dwi/fz/bd).