Menuju Adiwiyata, MIN 1 Rembang Benahi Green House

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang — Guna mendukung program Adiwiyata, MIN 1 Rembang terus berupaya dalam berbagai hal. Di antaranya membenah bangunan greenhouse. Penataan tanaman tersebut bertempat di halaman samping MIN 1 Rembang sebelah barat. Penataannya dimulai dengan memasang paranet green house untuk melindungi tanaman-tanaman yang rentan dengan cahaya matahari.

Pembenahan green house dilaksanakan di bawah koordinasi ketua panitia Adiwiyata MIN 1 Rembang, Eka Matif dan di bawah pengawasan Kasi Sarana Prasarana Nurul Mubin. Green House berukuran 6×9 meter persegi.

Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi mengapresiasi pembenahan green house tersebut. Menurunya, saat ini tim Adiwiyata tengah mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi item penilaian Adiwiyata. “Persiapan Adiwiyata di MIN 1 Rembang antara lain melengkapi dokumen, kurikulum berbasis Adiwiyata, menggalakkan penghijauan dengan menanam berbagai tanaman hias dan obat-obatan, hidroponik dan yang terbaru yaitu pemasangan paranet atau jarring-jaring dibagian atap green house,” jelasnya Rabu,(24/05).

Fahimi mengharapkan setelah pemasangan paranet green house tersebut, seluruh warga madrasah mampu menjaga dan merawat green house tersebut. “Green House yang dibangun tidak hanya ditujukan untuk persiapan perlombaan sekolah Adiwiyata saja, namun juga untuk menjadikan lingkungan madrasah yang sejuk dan asri,” pungkasnya.

Eka Matif menerangkan, pembenahan Green House melibatkan beberapa pendidik dan staf Tata usaha yang tercatat sebagai panitia tim adiwiyata. “Sampai saat ini pembenahan dengan memasang paranet telah berjalan sekitar 90 persen, diperkirakan pembenahan green house akan memakan waktu kurang lebih 5 hari,” ucapnya.

Nurul Mubin selaku koordinator sarana prasarana menambahkan, selain sebagai pemenuhan poin adiwiyata, pemasangan paranet pada atap green house tersebut ditujukan sebagai sarana yang digunakan untuk melakukan pembibitan tanaman dan sebagai tempat karantina tanaman yang memiliki masalah. “Selain itu green house juga bertujuan untuk merawat tanaman yang hanya dapat tumbuh di tempat-tempat tertentu seperti buah, sayur dan tanaman herbal,” ujarnya.

Lebih lanjut Eka Matif menerangkan manfaat green house, yaitu memberikan efek penghijauan serta pembelajaran secara langsung kepada peserta didik baik tentang mengelola tanaman. “Dengan adanya green house di madrasah sangat bermanfaat bagi siswa-siswi sebagai sarana pembelajaran terhadap tanaman,” sambungnya.

Tanaman di green house ini sebagian merupakan hibah dari wali siswa yang selalu mendukung proses penghijauan di MIN 1 Rembang. — yuni/iq/rf