Pelayanan Produk Halal Kankemenag Temanggung pada Temanggung Fest 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelar festival UMKM yang diselenggarakan mulai 5-9 Juli 2023. Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Temanggung, H.M. Al Hadziq. Turut hadir dalam acara pembukaan Forkompimda, para kepala Perangkat Daerah, Camat, Ketua Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) cabang Temanggung, dan perwakilan BUMD. Adapun Temanggung Fest yang merupakan kegiatan promosi produk UMKM, disertai penampilan seni budaya.

“Terimakasih kepada BPC HIPMI Temanggung yang sudah mengadakan kegiatan ini. Kita berusaha bersama-sama memajukan UKM di Kabupaten Temanggung pasca pandemi. Semoga pamerannya berjalan dengan meriah dan ramai, bisa mengundang antusias masyarakat Temanggung,” ujar Bupati saat pembukaan.

“Mari kita sama-sama memajukan UKM di seluruh Kabupaten Temanggung, pengembangan UKM yang baik memberikan ruang bagi para pelaku usaha agar bisa berpameran dalam sebuah kegiatan usaha. Ini sangat penting, karena pameran menjadi pengadilan tertinggi bagi semua sektor usaha,” imbuhnya.

Tidak ketinggalan dalam even ini Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung juga hadir dalam stand pelayanan terpadu pada even Temanggung Fest Tahun 2023.  Bekerjasama dengan instansi dan dinas terkait di tingkat Kabupaten Temanggung, Kemenag Kabupaten Temanggung memberikan pelayanan informasi khususnya terkait dengan proses sertifikasi halal bagi pelaku usaha kecil dan mikro.

Di stand ini, para pengunjung mendapatkan pelayanan informasi dan didampingi oleh para petugas yang terdiri dari para penyuluh agama spesialisasi produk halal serta para pendamping proses produk halal dari berbagai LP3H.

Penyelenggara Zakat Wakat Kankemenag Kab. Temanggung, Maria Ulfah saat kunjungannya menyampaikan dalam menunjang tujuan tersebut, Satgas Halal Kabupaten Temanggung digandeng oleh Pemkab untuk turut serta memeriahkan pagelaran tersebut, yaitu dengan membuka stand “Kepoin Halal Yuk”.

“Tujuan dari stand ini adalah untuk membantu pelaku UMKM dalam mendaftarkan produknya agar mendapatkan jaminan kehalalan dari pemerintah. Bukan hanya ditujukan untuk pelaku UMKM namun juga tanya jawab bagi masyarakat (pengunjung) Temanggung Fest agar lebih memahami bagaimana cara mengetahui produk yang kita konsumsi apakah sudah halal atau belum,” ungkapnya.(sr/rf)