Awal Masuk MI Negeri Batang 02 Gelar Matsama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Pasca penerimaan siswa baru yang tahun ini MIN 02 Batang menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) di hari pertama masuk madrasah pada Senin (17/07) hingga tiga hari kedepan. Tahun ini MIN 02 Batang menerima 61 siswa dan hari pertamanya semua mengikuti kegiatan itu.

Kepala MIN 02 Batang Hj. Sri Hanik dalam keterangannya menyampaikan bahwa Matsama merupakan wadah bagi siswa baru untuk mengenal teman-temannya, guru, lingkungan,tradisi madrasah yang dilaksanakan dengan menarik dan menyenangkan.

“ Alhamdulillah tahun ini MIN 02 menerima 61 siswa baru, dan hari ini masuk pertama dilaksanakan Matsama untuk memperkenalkan lingkungan dan tradisi madrasah pada mereka,” kata Hj. Sri Hanik.

Dia juga menegaskan bahwa siswa baru di MI itu memiliki kekhususan tidak seperti di MTs maupun MA. Menurutnya selain mereka masih kecil-kecil terkadang kita mendapati para siswa yang masih didampingi orang tuanya, sehingga perlu ada pendekatan yang lebih unik agar anak-anak dapat menumbuhkan mental dan rasa senang untuk memulai belajar.

“ Siswa baru di MI itu sangat berbeda dengan MTs dan MA, selain masih usia sangat muda terkadang ada yang masih harus didampingi oleh orang tuanya, maka untuk menumbuhkan mental dan percaya diri serta minat belajar, perlu adanya pengenalan lingkungan dengan metode yang harus menarik bagi mereka,” jelasnya.

Rangkaian Matsama itu jelas Hj. Sri Hanik diawali dengan upacara pembukaan di halaman madrasah, yang dimeriahkan dengan penampilan marching band MIN 02 Gita Mahardika untuk menyambut para siswa baru itu.

“ Upaya menarik perhatian dan untuk menciptakan ketertarikan dari para siswa baru, di upacara pembukaan ditampilkan marching band Gita Mahardika, ini menjadi salah satu pemicu agar para siswa baru senang,” tegasnya.

Selama tiga hari kedepan Matsama akan disampaikan cakupan materi tentang kemadrasahan untuk mengenalkan tentang profil madrasah, sarana prasarana, tata tertib dan kegiatan-kegiatan extra kurikuler, selain itu disampaikan materi tentang moderasi beragama, budaya dan kebiasaan di madrasah.

Disela-sela upacara diserahkan penghargaan pada para siswa yang telah berprestasi dalam ajang Madrasah Fest dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023. ( Sri Hanik/Zy_humas/rf )