Peringati Tahun Baru Hijriyah, MI Islamiyah Adakan Pawai Ta’aruf Dengan Tema Cintaku Kepada Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MI Islamiyah 01 Rakit mengadakan pawai ta’aruf dalam rangka memperingati tahun baru Hijriyah 1445 dengan mengusung tema cintaku kepada Madrasah yang dilaksanakan pada hari Sabtu (22/07) rute yang di lalui adalah mengelilingi desa Rakit sekitar kurang lebih 1,7 km.

Pawai ta’aruf ini dilaksanakan bareng dengan siswa MTS Al Ma’arif Rakit dengan rute sama tapi waktu selisih sekitar 20 menit, kegiatan ini selain untuk memberikan edukasi kepada peserta didik tentang bagaimana mencintai Madrasahnya juga untuk  merayakan tahun baru Islam. Siswa MI Islamiyah sangat bersemangat melaksanakan kegiatan ini karena mereka diberi tugas oleh masing-masing guru kelasnya untuk membuat poster yang berisi tentang ungkapan cinta kepada Madrasah dan tahun baru Islam.

Masing-masing kelas menampilkan poster yang bervariasi dan unik, hal ini membuat suasana pawai ta’aruf menjadi lebih menarik dan mengundang banyak perhatian warga desa Rakit yang menyaksikan jalannya pawai ta’aruf ini.

Menurut Tuslam selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa selain untuk memberikan edukasi tentang tahun baru Islam juga sebagai moment untuk mempromosikan Madrasah kepada masyarakat Rakit dan sekitarnya. “ Pawai ta’aruf ini saya laksanakan sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada para siswa tentang perayaan tahun baru Islam dan juga sebagai ajang mempromosikan Madrasah kepada masyarakat Rakit dan sekitarnya” tegasnya.

Sepanjang jalan yang dilalui banyak sekali warga masyarakat Rakit yang menyaksikan, karena memang hanya dari MI Islamiyah 01 Rakit dan MTS Al Ma’arif Rakit saja yang mengadakan acara pawai ta’aruf untuk memperingati tahun baru Islam ini.

Setelah kegiatan selesai semua siswa melaksanakan kegiatan minum susu kotak secara bersama-sama, selain sebagai reward karena mereka sangat antusias dalam kegiatan pawai, juga sebagai kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan di MI Islamiyah 01 Rakit setiap hari Sabtu, yaitu gerakan minum susu dan gerakan makan buah dan sayur yang sudah berjalan hampir 2 tahun.

Semua siswa merasa senang sehingga kegiatan ini terbilang sangat sukses, seperti yang di sampaikan oleh salah satu siswa kelas 2 yang bernama Ahmad Yakhsyalloh. “Aku senang sekali ikut pawai, rasanya tidak lelah karena banyak yang menonton” ungkapnya.

Semoga dengan adanya kegiatan pawai ta’aruf ini maka akan terwujud rasa cinta dan antusiasme siswa untuk merayakan tahun baru Islam dan sebagai pemahaman bahwa tahun baru yang layak diperingati oleh kita orang Islam adalah tahun baru Hijriyah. (af/rf)