Plt. Kepala Kemenag Pati Sambut Kedatangan Jemaah Haji di Donohudan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI, Humas — Kepulangan jemaah haji Kloter pertengahan Embarkasi Solo asal Kabupaten Pati dari Tanah Suci disambut langsung oleh Kepala Bidang Penerimaan Jemaah Haji Embarkasi Solo Nurohman, didampingi Plt. Kepala Kantor Kemenag Pati Ahmad Syaiku, Kasi PHU Abdul Hamid, Sekda Pati, Asisten Administrasi Umum dan Kepala perangkat daerah terkait, Sabtu dan Minggu, (29-30/7).

Sesuai rencana Ahmad Syaiku menyambut sekaligus melepas jemaah haji kembali ke daerah asalnya di gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Plt. Kepala Kantor Kemenag Pati bersyukur jemaah haji Kabupaten Pati telah tiba di tanah air dan sampai di gedung Muzdalifah asrama haji Donohudan, Boyolali.

“Penyambutan jemaah haji di Donohudan, Boyolali sebagai wujud syukur kami, bahwa perjalanan para jemaah dari Kabupaten Pati berjalan sukses. Mereka menjalankan ibadah haji dengan lancar dan pulang dengan selamat,” ungkap Syaiku.

Pada saat itu, Ahmad Syaiku berkesempatan menyapa jemaah haji lansia, dan tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur melihat kehadiran jemaah hajinya yang kebanyakan lansia mampu menunaikan rukun hajinya sampai selesai dan kembali dengan selamat ke Indonesia. Meski demikian, PlT Kepala Kemenag Pati juga menyampaikan salam duka dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya lima jemaah haji asal Kabupaten Pati di Makkah karena sakit.

Orang nomor satu di Kemenag Kabupaten Pati itu juga berharap, para jemaah haji bisa menjaga kemabruran hajinya dengan selalu meningkatkan spirit ibadahnya, memakmurkan masjid dan menjadi suri teladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, lingkungan kerja maupun masyarakat.

Melalui momen perjalanan haji ini akan semakin menguatkan jalinan silaturahim antar sesama jemaah. Terlebih dengan adanya organisasi ikatan persaudaraan haji Indonesia yang menurutnya punya peran strategis dalam pembinaan dan pemberdayaan umat.

“Mudah- mudahan menjadi haji yang mabrur. Dan langsung kami berangkatkan pulang ke Kabupaten Pati karena keluarga sudah menunggu di Pendopo, alun-alun dan sekitarnya,” ujarnya.

Sebelum jamaah haji meninggalkan Asrama Haji Donohudan Boyolali, Petugas Daerah membacakan Doa selamat bagi seluruh jamaah haji yang telah tiba.

Sementara, Suasana haru menyelimuti kedatangan jemaah Haji Kabupaten Pati di halaman Pendopo Kabupaten Pati. Rasa lelah karena menempuh perjalanan jauh tak dirasakan lagi, karena telah terobati dengan kebahagiaan disaat mereka bertemu dan berkumpul kembali bersama keluarga tercinta.

Penyambutan rombongan Jemaah Haji juga diwarnai tangis kegembiraan keluarga dan kerabat.

Kurang lebih 40 hari melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci tentunya menyimpan kerinduan yang mendalam kepada keluarga.

Dari sebanyak 1.498 jemaah haji kab Pati yang telah diberangkatkan, tercatat 5 (lima) jemaah haji kab Pati wafat dan 5 (lima) lagi jemaah haji kabupaten Pati mendapatkan Tanazul atau dipulangkan lebih awal.(at/Sua)