Permudah Belajar Huruf Hijaiyah, Guru Kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit Gunakan Media Pilih dan Tempel

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Huruf Hijaiyah adalah huruf yang wajib diketahui oleh orang Islam, karena huruf ini yang digunakan dalam Quran. Jika tidak belajar mengenal huruf Hijaiyah dari kecil maka tidak akan bisa membaca kitab suci orang Islam.

Oleh karena itu di Madrasah dan di TPQ atau tempat pengajian anak-anak mulai sejak dini dikenalkan dengan huruf  Hijaiah .

Seperti hari ini Jumat (4/8) siswa kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit belajar mengenal huruf Hijaiyah dengan media yang dinamakan “Pilih dan Tempel”’ Media ini dibuat oleh Atun Farida selaku guru kelas 1 dengan menggunakan aplikasi Canva, dia mengedit dan memilih warna dan design yang menarik agar siswanya merasa tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran dan melaksanakan kerja kelompok yang lebih hidup dan menarik.

“ Saya membuat media pilih tempel ini dengan menggunakan aplikasi Canva bertujuan untuk memberikan suasana kerja kelompok yang baik dan hidup, selain itu media ini saya buat dengan huruf yang berwarna-warni sesuai dengan kesenangan anak usia kelas 1” jelasnya

Menurutnya media ini akan membuat siswanya lebih semangat dan perhatian dalam menyerap materi, karena medianya menggunakan huruf-huruf Hijaiyah dengan diberi warna-warni yang menarik.

Dalam pembelajaran ini siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari tiga siswa yang dipilih secara acak oleh guru, kemudian masing-masing kelompok diberi lembar tugas berupa bentuk table dan di beri amplop yang berisi potongan-potongan huruf Hijaiyah, kemudian semua siswa mengerjakan tugasnya masing-masing pada setiap kelompok ada yang memilih potongan huruf, ada yang mengelem, dan ada yang menempelkan ke table/lembar kerja yang sudah tersedia.

Selama kegiatan pembelajaran ini semua siswa terlihat asyik, kompak, dan serius dengan tugas yang diberikan kepada mereka. Seperti yang disampaikan oleh salah satu siswa kelas 1 yang bernama Ahmad Zuhrul “ Aku senang sekali diberi tugas oleh bu guru untuk menempelkan huruf hijaiyah karena warnanya bagus dan kelompokku kompak” ujarnya.

Ternyata membuat pembelajaran dengan media yang menarik akan membuat tugas guru menjadi terbantu serta siswapun akan merasa semangat dan senang dengan kegiatan belajarnya di Madrasah. (af/rf)