Peduli Lingkungan, DWP Unit MAN 1 Kebumen Lakukan Aksi Bersih Pantai Cemara Sewu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit MAN 1 Kebumen kembali menyelenggarakan kegiatan rutin. Berbeda dari biasanya, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua DWP Musrifah Wachid Adib kali ini diisi dengan bersih – bersih sampah di sepanjang jalur Pantai Cemara Sewu.

Dijelaskan Musrifah, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan sebagaian anggota DWP MAN 1 Kebumen yang melihat banyaknya sampah yang dibuang sembarangan di sekitar obyek wisata Pantai Cemara Sewu Petanahan. Terlihat kotor dan mengurangi keindahan pantai yang sebetulnya sangat indah.

“Kami sangat prihatin melihat banyak sampah berserakan di sepanjang pantai. Mudah – mudahan dengan aksi bersih pantai yang kami lakukan dapat mengedukasi semua pihak, terutama warga  yang berada di lingkungan pesisir/pantai maupun pengunjung agar memiliki kesadaran menjaga kebersihan pantai,”Demikian disampaikan Musrifah saat memberikan sambutan sebelum dilakukan acara bersih pantai, Jum’at (4/8/23).

Lebih lanjut disampaikan, bahwa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan pantai bukan hanya bagi masyarakat sekitar pantai saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Maka menurutnya, jika semua mimiliki kesadaran yang sama, tentu tidak akan mungkin membuang sampah sembarangan di sekitar pantai.

Aksi bersih pantai dilakukan setelah peserta Dharma Wanita beramah tamah antar sesama anggota dan dilanjutkan Fun Game yaitu dengan tukar kado yang sudah dipersiapkan masing-masing peserta disertai iringan musik dan berhenti pada musik tertentu.

Guna menambah semangat peserta dalam membersihkan, panitiapun mengadakan lomba pengumpul sampah terbanyak. Bagi mereka yang berhasil mengumpulkan sampah paling banyak disediakan hadiah atau doorprize.

Kegiatan lain yang tidak kalah penting adalah santunan anak yatim. DWP Unit MAN 1 Kebumen menyerahkan santunan kepada anak yatim di sekitar pesisir pantai Cemara Sewu. Beberapa anak yatim terlihat bahagia setelah mendapatkan santunan dan perhatian dari Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan MAN 1 Kebumen. (lan/fz/bd)