Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran Tahun 2024 Kankemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar rakor Evaluasi Penyerapan  Anggaran Triwulan  II Tahun Anggaran 2024 yang dipimpin oleh Kasubbag TU, Agus Latif bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Rabu (24/07/2024.)

Dalam laporannya Kasubbag TU, Agus Latif menyampaikan bahwa “alhamdulillah sesuai dengan harapan Kepala Kantor kita sampai dengan saat ini serapan dengan gaji termasuk dalam aliran moderat/wasatiyah ranking atau grade ke 7, sedangkan untuk yang tanpa belanja pegawai kita rangking 5, alhamdulillah. Pastinya kerja keras kita semua bisa mewujudkan/menempatkan ranking Kemenag Temanggung ini di tingkat Kanwil termasuk di jajaran sepuluh (10) besar. Apalagi yang non gaji sudah di peringkat 5 besar. Yang kedua untuk penyerapan DIPA masing-masing satker nanti akan dipertajam oleh masing-masing PPK atau SPK nya.  Nanti masing-masing satker mohon menyampaikan kendala apa saja agar kita bisa evaluasi.”

“Semua kita sinkronisasikan dengan kinerja kita, sehingga ketika nanti penguatan ZI secara otomatis kita akan mendapatkan nilai yang bagus, harapannya serapan DIPA ini dapat menjadikan paramater dalam meningkatkan kinerja,“ harapnya.

Dalam waktu yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Fatchur Rochman dalam arahannya mengatakan bahwa rakor evaluasi penyerapan anggaran ini sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar realisasi anggaran yang telah dicapai oleh masing-masing satker.

Sebagaimana telah disampaikan oleh Kasubbag TU terkait dengan kegiatan-kegiatan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung tidak ketinggalan dengan kantor lain, artinya bahwa tidak terlalu dibawah walupun juga belum yang teratas. Alhamdulillah sudah 75% lebih, sudah merangkak ke 10 besar dan 5 besar.

“Ini adalah hal yang sangat baik sekali, jangan sampai turun. Karena selalu dipantau oleh pak Kakanwil jika itu ada urutan terbawah, karena pak Kakanwil membaca atau melihatnya pasti dari urutan yang terbawah. Ini memang hal yang biasa, pasti ada yang atas ada yang bawah, ndak mungkin semuanya ada diatas atau dibawah. Untuk itu mari kita semua bersinergi, bekerja, berkolaborasi, setiap Senin kita ikrarkan itu, bahwa berkolaborasi adalah salah satu cerminan ASN BerAKHLAK,“ ujar Agus Latif.

“Alhamdulillah tadi juga sudah disampaikan bahwa penyerapan satker sudah masuk ke target sesuai dengan yang kita terapkan bersama, walaupun mungkin ada satu dua yang belum sesuai target karena masih belum terlaksanakan atau menunggu aturan. Kita setidaknya sudah bisa atau ada yang memenuhi target sesuai dengan aturan dari Gus Men dan instruksi pak Kakanwil bahwa untuk semester pertama setidaknya harus sudah mencapai diatas 70%,“ imbuhnya.

Lebih dari itu Kakankemenag berharap juga kepada Kasi dan Penyelenggara untuk terus memantau kegiatan yang dilakukan setiap pengelola, untuk memacu realisasi anggaran agar berjalan dengan baik dan maksimal sesuai dengan target yang direncanakan.

Menutup arahannya Kepala KanKemenag mengingatkan masing-masing Seksi dan Penyelenggara yang belum merealisasikan anggaran untuk segera dikejar pelaksanaannya agar percepatan pelaksanaan realisasi anggaran pada tahun 2024 dapat dioptimalkan. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Kankemenag, Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara, Perencana, PPK,  Bendahara dan pengelola keuangan di lingkungan Kemenag Kab. Temanggung.(sr/Sua)