Pentingnya Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Sesuai Syariat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang (Humas) – Shanti Maharanti, Penyuluh Agama Islam PNS Kementerian Agama Kota Magelang, menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah di majelis taklim binaannya di aula Kelurahan Gelangan, pada hari ini Jum’at (9/8/2024).

Pelatihan teori sekaligus praktik ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam pemulasaran jenazah sesuai dengan ajaran Islam.

Diikuti oleh ibu-ibu anggota majelis taklimnya ia berikan tuntas teknik pemulasaran jenazah. Sebelumnya, Shanti menjelaskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam pemulasaraan jenazah, mulai dari tahapan penyucian, pengafanan, hingga pemakaman sesuai dengan syariat Islam.

“Penting bagi kita untuk memahami dan mempraktikkan tata cara pemulasaraan jenazah dengan benar agar proses ini dapat berjalan sesuai dengan ajaran agama kita,” ungkap Shanti mengawali pembinaanya.

Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya keterampilan ini dalam mendukung komunitas, terutama dalam situasi-situasi yang membutuhkan penanganan jenazah secara cepat dan tepat.

Pelatihan ini mencakup sesi teori dan praktik. Para peserta diberi kesempatan untuk langsung terlibat dalam proses pemulasaraan jenazah simulasi, yang dilengkapi dengan panduan dan supervisi dari Shanti. Melalui metode ini, diharapkan peserta dapat menguasai keterampilan tersebut dengan baik.

Para peserta pelatihan menyambut antusias kegiatan ini dan merasa terbantu oleh pengetahuan yang didapatkan. Banyak di antara mereka yang mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan untuk belajar langsung dari seorang ahli di bidangnya, sehingga semuanya menjadi mampu melaksanakan pemulasaran jenazah dengan benar. (HS/Rk).