081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

Search
Close this search box.

Kualitas Layanan KUA Mencerminkan Kinerja Kementerian Agama

Cilacap – Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan merupakan garda terdepan layanan pada Kementerian Agama. Sehingga KUA menjadi cermin yang menggambarkan kualitas layanan Kemenag. Sebagian besar masyarakat mengetahui Kemenag dari layanan nikah dan haji. Karenanya, layanan perkawinan harus diberikan dengan penuh kearifan, kejelasan dan ketegasan.

Kearifan merupakan unsur utama yang menimbulkan kesan pertama kali masyarakat yang datang ke KUA. Kemudian kejelasan proses layanan dipampang melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) yang pasti. Dengan menggunakan dua komponen tersebut, publik akan merasakan layanan yang betul-betul mengedepankan kualitas.

Hal tersebut dikemukakan Kakankemenag Kabupaten Cilacap, melalui Kasi Bimas Islam, Aziz Muslim, Selasa (2/10) saat melakukan supervisi layanan nikah di KUA Kecamatan Kesugihan.

“Dengan memajang SOP dan dasar regulasi yang digunakan, maka masyarakat dapat mengetahui proses layanan yang sebenarnya. SOP menjelaskan persyaratan, alur layanan dan waktu yang diperlukan dengan mendetail. Sehingga, SOP seluruh layanan di KUA menjadi sangat penting diketahui publik. Dengan dibalut sambutan aparatur yang ramah dan bersahabat, masyarakat pasti akan puas. Sehingga dengan sendirinya indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan Kemenag juga akan naik,”Katanya.

Dikatakan lebih lanjut bahwa, sejak kegiatan reformasi birokarasi digulirkan beberapa tahun silam, sebagian KUA masih menganggap pemajangan SOP kurang penting. Padahal, dengan mengetahui SOP, maka masyarakat mampu memahami seluk beluk layanan termasuk besaran biaya yang diperlukan. Untuk itu, pihaknya meminta seluruh KUA memajang SOP semua layanan KUA secara lengkap.

Sementara itu, Kepala KUA Kesugihan, Zen Muzayyin mengatakan bahwa, pihaknya selaku pelaksana layanan nikah dan rujuk terus berusaha meningkatkan kualitas. Salah satunya adalah dengan kerja sama lintas sektoral di tingkat kecamatan. Pihaknya mengeluarkan himbauan kepada seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

“Selain memajang SOP seluruh layanan, kami juga membuat himbauan yang diberikan kepada pimpinan lintas sektoral. Untuk kemudian bisa diteruskan ke tingkat desa maupun kelurahan. Sehingga seluruh warga masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara mendapatkan layanan dari KUA dengan jelas,”tuturnya.(On)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Terkait

𝗦𝗲𝗻𝗮𝗺 𝗦𝗲𝗵𝗮𝘁, 𝗘𝘅𝗽𝗼 𝗨𝗠𝗞𝗠 𝗛𝗮𝗹𝗮𝗹, 𝗣𝗶𝗷𝗮𝘁 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀, 𝗦𝗲𝗿𝘃𝗶𝗰𝗲 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀, 𝗗𝗼𝗻𝗼𝗿 𝗗𝗮𝗿𝗮𝗵 𝗗𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘆𝗮𝗻𝗮𝗻 𝗦𝗲𝗿𝘁𝗶𝗳𝗶𝗸𝗮𝘀𝗶 𝗣𝗿𝗼𝗱𝘂𝗸 𝗛𝗮𝗹𝗮𝗹 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀 𝗠𝗲𝗿𝗶𝗮𝗵𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗲𝗴𝗶𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗥𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮 𝗠𝗲𝗺𝗽𝗲𝗿𝗶𝗻𝗴𝗮𝘁𝗶 𝗛𝗔𝗕 𝗞𝗲𝗺𝗲𝗻𝗮𝗴 𝗸𝗲-𝟳𝟳

𝗣𝗷 𝗕𝘂𝗽𝗮𝘁𝗶 𝗖𝗶𝗹𝗮𝗰𝗮𝗽 𝗔𝗽𝗿𝗲𝘀𝗶𝗮𝘀𝗶 𝗞𝗮𝗻𝗸𝗲𝗺𝗲𝗻𝗮𝗴 𝗖𝗶𝗹𝗮𝗰𝗮𝗽 𝗦𝗲𝗯𝗮𝗴𝗮𝗶 𝗦𝗮𝘁𝗸𝗲𝗿 𝗧𝗲𝗿𝗯𝗮𝗶𝗸 𝗣𝗲𝗿𝘁𝗮𝗺𝗮 𝗣𝗲𝗻𝘆𝗮𝗺𝗽𝗮𝗶𝗮𝗻 𝗟𝗮𝗽𝗼𝗿𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗿𝘁𝗮𝗻𝗴𝗴𝘂𝗻𝗴𝗷𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻 𝗕𝗲𝗻𝗱𝗮𝗵𝗮𝗿𝗮 𝗧𝗿𝗶𝘄𝘂𝗹𝗮𝗻 𝗜𝗜𝗜 𝗧𝗮𝗵𝘂𝗻 𝟮𝟬𝟮𝟮

Skip to content