Alfan FR Siswa MTsN 3 Cilacap Juara KRR

Cilacap – Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kawunganten, Selasa (15/5) mengadakan lomba Kader Kesehatan Remaja dengan peserta dari tingkat SMP/MTs se Kec.Kawunganten. Kegiatan yang diadakan di Aula Puskesmas Kawunganten itu bertujuan untuk menjadikan motivator dan agen of change/Agen perubahan di sekolahnya. Sebagai pioner untuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat diharapkan dapat di manfaatkan dan diimbaskan kepada teman, keluarga di rumah dan lingkungan sekitar perihal pengetahuan kesehatan.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Puskesmas Kawunganten, Edi Sucipto,  mengatan bahwa, UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik, dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan yang sehat.

“UKS sangat penting untuk menciptakan keharmonisan dan optimalisasi dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. Jumlah kader kesehatan remaja (SMP/MTs) seharusnya sebanyak 10?ri jumlah siswa yang ada. Mencintai lingkungan harus lahir dari kesadaran personal. Kesadaran mencintai lingkungan tidak mungkin dipaksa paksakan oleh orang lain. Melainkan harus murni lahir dalam hati nurani dan relung hati dengan tekun dan penuh perasaan dan hasilnyapun akan semakin sempurna,”katanya.

Untuk kader KKR harus dimulai sejak usia dini untuk penanaman pembudayaan perilaku hidup bersih dan sehat. Pada pelaksanaan lomba ini yang ditekankan adalah kegiatan Promotif dan Preventif dengan
tidak mengesampingkan kegiatan Kuratif sederhana yang tercermin dalam kegiatan TRIAS UKS. Yakni, pendidikan kesehatan di sekolah (Health Education In School), pelayanan kesehatan di sekolah (Health Service In School) dan menciptakan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat ( Healthful School Living).

Adapun ciri pokok kegiatannya mengutamakan Health Promoting School (HPS) dengan Goal siswa Bebas dari Rokok, Bebas dari Kenakalan, Bebas dari Kehamilan pra nikah, Bebas dari HIV/AIDS, Bebas dari Narkoba, Bebas dari penyakit kecacingan, Bebas dari Anemia dan Bebas dari penyakit Hepatitis B.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa tahu dan mengerti tentang 8 Goal UKS serta hapal urut urutannya. UKS adalah tanggung jawab kita bersama oleh karena itu kuncinya adalah Action dan sungguh sungguh kegiatannya adalah alih tehnologi pola hidup sehat bukan hanya pengobatan,”katanya lebih lanjut.

Pelaksanaan lomba Kader Kesehatan Remaja tingkat Kecamatan Kawunganten, MTsN 3 Cilacap memperoleh hasil yang sempurna, yakni Juara 1 putra Alfan Fauzan R. Sedangkan juara 2 Bagyo asal SMP Yabaki Kawunganten, serta juara 3 Budi Prasojo asal SMP N 2 Kawunganten. Untuk juara 1 putri Risti asal SMP Yabaki Kawunganten, juara 2 Chike asal SMP N 3 Kawunganten, juara 3 Hanna asal SMP N 1 Kawunganten.

Juara I putra putri  berhak mengikuti lomba yang sama di tingkat Kabupaten mewakili Kecamatan Kawunganten pada bulan depan. Materi yang dilombakan adalah membuat makalah terhadap suatu kasus kemudian mempresentasikan makalah tersebut. Untuk lomba praktik tentang penanganan luka.

Kepala MTs N 3 Cilacap, Kusnandar, merasa bangga terhadap prestasi Alfan FR dalam lomba Kader Kesehatan Remaja. Prestasi tersebut tidak lepas dari bimbingan dan motifasi dari seluruh guru. Untuk persiapan sebelumnya telah bekerja sama dengan Puskesmas Kawunganten guna pendalaman materi. “Dia telah ikut ekstrakurikuler PMR, jadi sudah mengetahui tentang seluk beluk kesehatan remaja” katanya.

Dikatakan bahwa selama latihan Alfan FR dibimbing oleh Setyaningsih. Dia berharap semoga keberhasilan ini mampu memotifasi siswa yang lain. Bahwa apa saja kalau di lakukan dengan sungguh–sungguh maka akan memperoleh hasil yang maksimal. (Muslich/bd)