Peningkatan Kualitas Layanan Bimbingan Masyarakat Kristen dalam memwujudkan Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print


Surakarta (Bimas Kristen) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, melalui Bimas Kristen mengadakan kegiatan Evaluasi Layanan Program Tahun 2023 dengan mengusung tema “Peningkatan Kualitas Layanan Bimbingan Masyarakat Kristen dalam memwujudkan Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”. Kegiatan akan dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 11-14 April 2023 di Solia Hotel Yosodipuro Solo. Diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari para Pejabat dan Staf PNS dan Non PNS di lingkungan Bimas Kristen se-Jawa Tengah serta Pimpinan dan pengurus SDTK dan SMTK di Jawa Tengah.

Kegiatan evaluasi layanan Bimas Kristen dilaksanakan tiap tahunnya untuk menyamakan visi dan misi dalam memberikan layanan Bimas Kristen Jateng kepada masyarakat terkait urusan keagamaan dan urusan Pendidikan.

Dalam hal urusan keagamaan, terkhusus bagi Penyelenggara dan Penyuluh agar mensosialisasikan Surat Keterangan Tanda Lapor kepada Gereja-gereja di daerah sebagai legalitas Gereja terdaftar di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam hal urusan Pendidikan, terkhusus bagi SDTK dan SMTK menjadi bagian layanan Bimas Kristen untuk mengembangkan layanan Pendidikan kepada siswa dan menjaga eksistensi sekolah kegamaan Kristen. Bimas Kristen pun memberikan pembinaan-pembinaan untuk SDTK dan SMTK supaya lebih maju dan berkembang.

Selain fokus pada layanan umat dalam urusan keagamaan dan urusan pendidikan, kegiatan evaluasi ini juga menyinggung pencapaian anggaran Bimas Kristen tahun 2023 yakni untuk memaksimalkan layanan yang telah direncanakan dan harus bermanfaat bagi masyarakat Kristen di daerahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini diwakili oleh Pembimas Kristen, Siswo Martono membuka kegiatan dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya kegiatan. Siswo juga menyampaikan pesan Kakanwil terkait Moderasi Beragama meningkatkan Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Sebagai Pegawai Kementerian Agama agar menjaga Marwah Kementerian Agama, pegawai harus menunjukkan diri sebagai warga Indonesia yang Moderat. Memasuki tahun politik, pegawai Kementerian Agama harus berhati-hati, jangan sampai ikut dalam politik praktis, harus netral.

Siswo pun menekankan pada buah-buah Moderasi Beragama yang menghasilkan Kerukunan Umat Beragama. Adapun buah-buah tersebut adalah 1) Komitmen Kebangsaan dengan menjunjung tinggi Ideoologi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, 2) Anti Kekerasan, 3) Adaptif terhadap budaya lokal, 4) Toleransi antar umat beragama.

“Ketika kita beragama, kita harus bisa menempatkan diri di tengah – tengah masyarakat yang majemuk, tidak berat ke kanan atau ke kiri. Harus mampu menerima perbedaan yang ada.”, imbuh Siswo.

Pelaksanaan kegiatan evaluasi tahun 2023 ini mendapat kesempatan berharga karena kedatangan Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI bersama dengan para perencana pusat. Dimana peserta dapat menyampapikan aspirasi dan kebutuhan-kebutuhannya dalam meningkatkan layanan umat di daerahnya.

Untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas serta semangat dalam memberikan layanan bagi umat di lingkungan Bimas Kristen Jateng, para peserta juga mendapatkan bekal “Excelent Service” dari pemaparan materi oleh Dosen Psikologi Universitas Katholik Soegijapranata, Siswanto, (12/4). Peserta-pun juga mendapatkan kesegaran baru melalui aktifitas “Capacity Building” untuk membangun kerjasama semakin solid (12/4). (KR/RM/PS/RF)