FKPAI Gelar Semarak Ramadhan Edisi Terakhir di KUA Lasem

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KUA Lasem — Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kemenag Rembang kembali menggelar Semarak Ramadhan 1444 H di Aula KUA Lasem, Selasa (11/4/2023). Peserta meliputi Kepala dan Penyuluh Agama Islam dari KUA Lasem, KUA Sluke, KUA Pancur, KUA Pamotan dan KUA Gunem.

Turut hadir Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF), kepala KUA Lasem dan Penyuluh Agama Honorer (PAH) dari KUA Pamotan, Gunem, Pancur, Sluke dan tuan rumah KUA Lasem. Selain khataman alquran dan santunan dhuafa juga diadakan ngaji bareng oleh KH Zainul Arifin. Dalam taushiyahnya KH Zainul Arifin mengajak para Penyuluh Agama untuk bersama-sama membimbing umat agar bisa menjadi manusia yang berkwalitas.

Menukil pendapat Luqman Al-hakim, KH Zainul mengatakan, kualitas suami bisa dilihat saat istrinya sakit, kualitas Istri bisa dilihat saat suami miskin, kualitas anak bisa dilihat saat orangtuanya sudah tua, kualitas pertemanan bisa dilihat saat teman yang lain mendapat kesulitan dan kualitas orang mukmin bisa dilihat saat ditimpa musibah. “Maka hanya ilmu yang mampu mengawal umat menjadi insan yang berkualitas,” pungkasnya.

Seusai acara, Ketua PAIF, Mutmainnah menilai kegiatan ini sebagai media silaturahmi bagi Penyuluh Agama per wilayah. “Kegiatan ini adalah ajang silaturahmi antar Penyuluh Agama, untuk menjaga kebersamaan dan memberi motivasi dalam memberi penyuluhan kepada jamaah,” ucapnya singkat.

Sementara itu, Moh. Azka PAH KUA Lasem merasa bersyukur bisa berkumpul bersama dengan orang-orang yang berilmu. “Alhamdulillah, kita bisa berkumpul di majlis yang sederhana tapi penuh berkah ini. Kami juga mengadakan Pesantren Ramadhan di sekolah-sekolah,” ucap Azka.(Gusman/tia/iq/rf)