18 Anggota DWP Kankemenag Kota Magelang Ikuti Tes IVA & SADANIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kankemenag Kota Magelang beserta pengurus dan anggotanya ikuti Tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) di Puskesmas Kerkopan Kecamatan Magelang Tengah, (Jum’at, 12/8).

Ditemui usai dari ruang pemeriksaan, Ketua DWP Kankemenag Kota Magelang mengatakan Tes IVA dan SADANIS bisa mendeteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara, sehingga efektif untuk  mencegah meningkatnya penderita kanker pada wanita. Terkait hal ini pemerintah telah menetapkan strategi pendekatan 4 pilar yaitu, promosi kesehatan, perlindungan khusus, deteksi dini dan penanganan kasus,” jelas Puryani Sofia Nur.

“Kanker merupakan masalah dunia, dan Indonesia termasuk penyumbang dengan jumlah penerita kanker yang signifikan. Disamping itu kanker leher rahim dan kanker payudara menjadi penyebab kematian tertinggi kedua bagi wanita di Indonesia, dan juga menjadikan beban biaya yang berat bagi Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS),” imbuhnya.

Pemeriksaan tes IVA dan SADANIS yang dilaksanakan serentak oleh DWP Kemenag se-Indonesia merupakan program yang diinisisasi DWP Kemanag Pusat dengan tujuan untuk peningkatan kesehatan bagi wanita Indonesia.

Dua hari yang lalu, DWP Kemenag Kota Magelang mengikuti pembukaan tes IVA dan Sadanis secara virtual melalui zoom meeting di Aula Kantor. Namun tes IVA dan Sadanis baru bisa terlaksana hari ini karena kesibukan layanan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Magelang. Tercatat 17 anggota DWP Kankemenag Kota Magelang mengikuti tes IVA dan Sadanis dikesempatan ini. (Hari/rf).