5 Pilar Keluarga Sakinah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Elfi Mu’tashimah, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kankemenag Kota Semarang yang juga anggota DWP, Selasa (14/3/2023), dalam gelaran Raker DWP Kota Semarang yang dilaksanakan di Gedung PKK Lantai 3, memberikan tips menjaga keluarga sakinah kepada peserta Raker.

Raker kali ini diikuti oleh Ketua DWP Badan/Dinas/Instansi Kota Semarang, dan Ketua DWP Kecamatan se-Kota Semarang.

Elfi mengatakan, wasiat/tips kebaikan untuk menjaga agar keluarga tetap dan semakin sakinah yaitu, tawadhu’atau rendah hati dalam kehidupan sehari-hari pada keluarga. “Mempraktikkan sikap tawadhu’ atau rendah hati dalam keluarga, akan membawa kedamaian, ketenteraman, dan kebahagiaan dalam kehidupan kita. Mengapa? Karena dengan sikap tersebut, kita akan menempatkan diri kita tidak yang paling tinggi dan harus dihormati, tidak yang palinng baik, tidak pula yang paling benar,” tuturnya.

Selain itu, menurutnya, hal lain yang perlu diperhatikan agar keluarga tetap dan semakin sakinah yaitu, selalu memupuk mawaddah/cinta, dan rahmah/sayang, serta 5 pilar keluarga sakinah. “Ada 5 pilar dalam membentuk dan menjaga keluarga sakinah yaitu, zawaj/berpasangan, mitsaqon gholidzon/janji kokoh, mu’asyaroh bil ma’ruf/memperlakukan pasangan dengan baik, musyawarah/diskusi, dan meyakini bahwa ridho Allah tergantung pada ridho pasangan kita,” tandasnya.

Pada kesempatan itu pula, Elfi mengajak peserta Raker untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bulan Ramadhan.(Elfi/NBA/bd)