661 Calon Jamaah Haji Wonosobo Ikuti Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Wonosobo menggelar bimbingan manasik haji masal tingkat Kabupaten Wonosobo bagi Calon Jamaah Haji (CHJ) tahun 1444 H/ 2023 M di Gedung IPHI Mendolo, Minggu, (14/5). Bimbingan manasik haji dibuka oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Panut, dan diikuti oleh 661 CJH Kabupaten Wonosobo, serta dihadiri oleh Komisi 8 dan tiga narasumber bimbingan. Dalam sambutan pembuka dihadapan seluruh CHJ Panut, memperkenalkan petugas yang akan melayani dan mendampingi jamaah dalam melaksanakan ibadah haji. “Dalam kesempatan ini ijinkan saya memperkenalkan petugas-petugas yang akan mendampingi dan melayani bapak ibu semua selama menjalankan ibadah haji. Ada 5 orang PHD (petugas haji daerah), 9 Petugas Pembimbing Ibadah Haji (PPIH) kloter, dan 4 PPIH Arab Saudi,” tandasnya.

Adapun PHD yang dimaksud yaitu Muhammad Said Sastro, K.H Khusni Ma’ruf, dr. Mohamad Riyanto, dr. Dewanti Retnaningtyas, dan Achmad Faqih Mustofa. Selanjutnya 9 PPIH Kloter yaitu Irham Nurharyanto, H. Budi Haryanto, H. Ahmad Ridlowi, Hj. Artiyah, dr. Dian Catur Wibowo, Aji Wiyogo Saputro, Muhammad Zaenal Arifin, dan Muhammad Imam Mustakim. Sementara untuk 4 PPIH Arab Saudi yaitu H. Mustar Masnun, Suparti, Dhany Novitasari, dan Musyafak. Usai mengenalkan para petugas, Panut, melanjutkan dengan materi bimbingan CHJ tentang Kebijakan Pemerintah Indonesia tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh.

Selain materi darinya, juga ada dua narasumber lainnya yakni oleh K.H. Muslich Zaenal Abidin dengan materinya tentang Tugas Fungsi Budgeting, Penganggaran dan Pengawasan BPIH Tahun 1444 H /2023 M, dan narasumber ketiga yakni Imron Awaludin dengan materinya tentang Kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Selanjutnya dalam laporan panitia, Hasyim, selaku Staf Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Kab. Wonosobo menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus menjelaskan secara singkat terkait peserta Manasik haji tahap 1. Ia katakan, adapun jumlah CHJ seluruhnya yaitu 661 jamaah yang sudah melakukan pelunasan hingga tahap kedua,”Pada tahap pertama pelunasan tercatat pada tanggal 5 Mei ada 621 jamaah. Selanjutnya pada tahap tanggal 12 Mei ada 32 jamaah yang melakukan pelunasan, jadi total seluruh jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo yaitu 661 dan sudah melakukan pelunasan semuanya. Selain 661 Jamaah, juga ada rencana mutasi dari Banjarnegara sejumlah 3 orang, akan tetpi hingga saat ini belum ada konfirmasi,” jelas Hasim.

Terkait peserta manasik tahap 1 ia menjelaskan seluruh peserta yang hadir yaitu sejumlah 679 orang, mencangkup 661 jamaah, 5 PHD, 9 PPIH Kloter dan 4 PPIH Arab Saudi, “Jumlah peserta seluruhnya hari ini adalah 679 orang. Selanjutnya sumber dana manasik dari PKOH tahun 1444 H,”tambah Hasim.Diakhir laporannya ia menyampaikan bahwa Manasik tingkat Kabupaten ini merupakan pertemuan perdana Bimbingan Manasik Haji tahun 1444 H dan akan diteruskan dimasing-masing kecamatan mulai tanggal 15 – 20 Mei 2023,”setelah pembukaan manasik hari ini, manasik akan diteruskan dimasing-masing kelompok Kecamatan hingga 20 Mei dan pertemuan terakhir akan ditutup pada tanggal 21 Mei mendatang,” tandasnya.

Hingga manasik ini berlangsung, belum dipastikan tanggal pemberangkatan jamaah Haji tahun 1444 H asal Kabupaten Wonosobo. Saat ini sedang dilakuka finalisasi penyusunan Kloter.(PS-WS/Sua)