Agus Hartono: Ajak Peserta Didik untuk Peduli Lingkungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Terhitung sejak tahun 2019 MTs Negeri 2 Banjarnegara ditetapkan sebagai Madrasah Adiwiyata. Program tersebut merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga madrasah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. MTs Negeri 2 Banjarnegara terus menunjukkan komitmennya untuk peduli terhadap lingkungan.

MTs Negeri 2 Banjarnegara pada Senin (6/6) merayakan hari Lingkungan Hidup Sedunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Tahun ini, peringatannya bertema Only One Earth, atau Satu Bumi untuk Masa Depan.

Sejumlah pendidik mengajak peserta didik menanam bibit tanaman. Bibit tanaman tersebut merupakan stok bibit tanaman yang di dapat dari Politeknik Banjarnegara. Politeknik Banjarnegara  membagikan ratusan bibit tanaman kepada MTs Negeri 2 Banjarnegara. Berbagai macam bibit tanaman yang dibagikan merupakan bibit tanaman hasil persemaian Politeknik Banjarnegara bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo Yogyakarta (BPDASHL SOP) di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia.

Berbagai macam bibit tanaman yang dibagikan kepada MTs Negeri 2 Banjarnegara diantaranya adalah tanaman buah-buahan sepeti durian, jambu, sirsak, dan alpukat serta kacang macadamia, jati, dan tanaman yang memiliki nilai estetika atau keindahan yaitu tabebuya.

Agus Hartono yang merupakan salah satu guru mata pelajaran PKn di MTs Negeri 2 Banjarnegara dalam momen ini mengajak peserta didik untuk peduli lingkungan dengan cara menanam bibit tanaman di lingkungan madrasah.

“Saya melihat masih ada beberapa bibit tanaman yang di dapat dari Politeknik Banjarnegara. Pada kesempatan kali ini, kebetulan saat perayaan hari Lingkungan Hidup Sedunia, saya ingin mengajak anak didik saya untuk peduli lingkungan dengan cara menanam bibit tanaman. Setelah agenda Penilaian Akhir Tahun (PAT) selesai, kami sempatkan untuk mengajak anak-anak menanam bibit tanaman. Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi warga madrasah,” jelasnya.

Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara Ratna Ayu Kartika Wulan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kami masih diberikan kesehatan, sehingga kami dapat melaksanakan tugas dengan baik. Alhamdulillah hari ini warga madrasah dapat merayakan hari Lingkungan Hidup Sedunia di tengah agenda PAT. Kami sangat berterima kasih kepada pendidik dan peserta didik yang telah peduli terhadap lingkungan madarasah. Kecintaannya terhadap lingkungan madrasah patut untuk diteladani. Hal Ini sebagai wujud eksistensi warga madrasah dalam penanaman karakter untuk melatih peserta didik agar peduli terhadap lingkungan madrasah,” pungkasnya saat ditemui di ruang kepala. (ah/swp/rf)