Aksi Peduli Sesama PMR MTsN Surakarta 1 Bagikan Ratusan Paket Makanan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta- Palang Merah Remaja (PMR) MTsN Surakarta 1 menggelar kegiatan Dapur Umum (DU) pada Ahad, (19/3/2023). Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Sya’ban. Sebanyak 200 paket makanan yang akan dibagikan disiapkan di halaman madrasah. Setiap paket berisi 1 kotak makan siang, 1 dus snack, dan 1 botol susu kedelai. Empat puluh anggota PMR yang terdiri dari angkatan 5,6,7, dan 8 mengikuti kegiatan ini. “Dapur Umum adalah kegiatan siaga bencana untuk membantu korban dan kaum dhuafa. Saya bersama Sen Ardan akan memantau kegiatan ini secara langsung agar tidak terjadi kendala dalam pelaksanaannya,” tutur Dewi Nurjannah,Pembina PMR.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih karakter anak agar memiliki jiwa sosial dan berbuat baik pada sesama. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menyambut bulan Ramadhan. Kegiatan dimulai pukul 08.00 dan dibuka oleh Dewi Nurjannah. Sen Ardan selaku pembimbing PMR memberikan arahan. “Ikuti kegiatan ini dengan baik. Tanamkan rasa ikhlas dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Setiap kelompok yang akan bertugas utamakan kerja sama dan koordinasi agar semuanya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,”papar Sen Ardan. Setelah pembukaan dan arahan, anggota PMR bekerja sama menyiapkan paket-paket makanan yang akan dibagikan kepada warga sekitar. Kali ini PMR tidak hanya menyiapkan makanan sendiri, melainkan juga bekerja sama dengan beberapa pihak catering sehingga makanan yang diberikan lebih bervariasi, lengkap, dan sehat.

Setelah semua siap, Sen Ardan mengoordinir setiap kelompok agar pembagian makanan bisa dilakukan secara merata. Anggota PMR langsung menyebar sesuai dengan kelompok dan tempat yang sudah disepakati. Dua ratus paket makanan yang mengutamakan 4 sehat 5 sempurna diberikan pada warga sekitar di Madrasah. Masyarakat terlihat sangat senang dengan adanya kegiatan ini. “Alhamdulillah dan terima kasih atas perhatiannya pada kami. Semoga semua amal kenaikan anak-anak diterma oleh Allah,”tutur Pak Parto, Warga di lingkumngan MTsN Surakarta 1. Tak hanya masyarakat yang senang, anggota PMR yang bertugas juga merasa senang.”Saya merasa senang karena terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan yang mengajarkan untuk berbagi kepada sesama. Selain itu, kami juga bisa saling mengenal dan mempererat tali persaudaaran antar anggota PMR,” tutur Nirmala anggota PMR.

Selesai membagikan paket makanan, anggota PMR makan siang bersama di Lorong MTsN Surakarta 1, anggota PMR makan bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah anggota PMR antar angkatan. Setelah itu, aggota PMR dikumpulkan di lapangan dan diberikan kesan serta pesan tentang kegiatan DU. Pembina PMR mengaku merasa bangga karena Kegiatan Dapur Umum berjalan dengan baik dan lancar. Tidak hanya itu saja, Pembina PMR juga sangat terkesan atas kerja sama yang luar biasa antar angkatan. Pembina PMR juga berpesan pada seluruh anggota PMR agar senantiasa berbuat baik, peduli sesama dan menolong orang lain jika masih mampu tanpa memandang latar belakang orang tersebut. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh anggota PMR MTsN Surakarta 1. (Rayya-Nanda/Diana/bd).