Pelantikan PMR Emtessa 2023 Pupuk Jiwa Mandiri Dan Jaga Kebersihan Setiap Hari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Palang Merah Remaja atau disingkat PMR merupakan salah satu ekstrakurikuler yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para siswa di bidang kebersihan dan kesehatan. Keberadaan PMR di kalangan siswa bisa dipakai untuk anak saling berbagi informasi dan pengetahuan tentang kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungannya. Karena dirasa penting keberadaan di setiap sekolah maka MTs Negeri 1 Kota Semarang menjaring para siswa yang berminat dalam ekstrakurikuler PMR.

Kegiatan pelatihan dan pelantikan anggota PMR MTs Negeri 1 Kota Semarang telah dilakukan pada Minggu (19/03/2023). Kegiatan dimulai pukul 07.00 s.d 16.30 WIB. Kegiatan awali dengan apel pembukaan. Pada apel pembukaan dibuka oleh pembina PMR. “Anggota PMR adalah anggota yang memiliki jiwa mandiri, sadar akan kebersihan dan kesehatan, dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi sehingga dapat memiliki kepedulian terhadap sesama. Dengan tujuan tersebutlah pelatihan dan pelantikan ini diadakan,” kata Nur Baetillah dalam sambutannya. Pelatihan dan pelantikan tersebut kemudian memberikan informasi tentang sejarah PMR dan PMI di Indonesia maupun di dunia, menjaga kebersihan diri siswa, bermain outbond, dan mencari pin PMR Madya.

Pelatihan dan pelantikan ini dilatih dan dibantu oleh alumni MTs Negeri 1 Kota Semarang yang aktif di bidang PMR MAN 1 Kota Semarang. Pelatihan dan pelantikan ini diikuti oleh 40 orang peserta jenjang kelas VIi, VIII, dan IX. “Seru banget Bu, kegiatan pelatihan dan pelantikan ini. Rasanya capek sebab Sabtunya kami gelar karya di HUT Emtessa ke 45, tapi kami tetap semangat ikut kegiatan pelatihan dan pelantikan PMR ini. Selain bisa akrab dengan kakak kelas, kami juga bisa lebih mengenal alumni MTs. Dapat materi PMR juga, intinya seneng bisa ikut pelatihan dan pelantikan PMR ini,” kata Aldevano Darrell Izzuddin, salah satu anggota PMR kelas VII F.

Pelatihan dan pelantikan diakhiri dengan apel penutup. Pembina apel penutup adalah Hj Rohmah Nuryanti yang memberikan nasihat, “Harapannya PMR ini bisa menjadi contoh bagi teman-temannya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Bakat dan keahlian kalian juga harus lebih ditingkatkan agar ketika ada kegiatan Jumbara PMR, MTs Negeri 1 Kota Semarang bisa tangguh dan sukses meraih prestasi.”

Setelah apel penutup seluruh peserta diresmikan menjadi anggota PMR dengan memandikan seluruh peserta dengan air kembang. Dengan semangat para peserta bersorak gembira meneriakkan PMR Emtessa, agar jiwa PMR tertanam dalam diri anggotanya. (Humas Emtessa/bd)