Al Ahbab Hadroh Festival MAN Pekalongan Berlangsung Semarak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, (HUNAS) — Lomba hadroh (Al Ahbab Hadrah Festival) dan Kaligrafi turut memeriahkan peringatan HUT ke -40 MAN Pekalongan yang digelar pada Selasa (26/09/2023). Pelaksanaan lomba hadroh dan kaligrafi yang dikemas dalam MAN Pekalongan Festiva ini merupakan ajang lomba seni antar-SMP/MTs Tingkat Kabupaten Pekalongan, yang terdiri dari dua bagian, yakni lomba kaligrafi bertajuk Kaligrafi Festival dan hadroh yang bertajuk Al Ahbab Hadrah Festival.

Al Ahbab Hadrah Festival dilaksanakan pada Selasa, 26 September 2023 di lapangan MAN Pekalongan dan diikuti oleh 7 kelompok peserta, yakni:
1. Safinatun Najah dari MTs Salafiyah NU Karanganyar
2. Al-Faruq dari MTsN 2 Pekalongan
3. SMPNUSI Bersholawat dari SMP NU Kesesi
4. Al-Fajru dari MTs Muhammadiyah Kajen
5. Qothrunnada dari MTs Salafiyah Wonoyoso
6. As-Syahidiyah dari MTs Syarif Hidayat Doro
7. Masantuka dari MTsN 1 Pekalongan

Aliran hadroh yang diperlombakan adalah Habsyi. Adapun kriteria penilaiannya terdiri dari:
1. Vokal
2. Musik
3. Adab dan syair
4. Jingle
5. Kostum

Menanggapi susksesnya gelaran Al Ahbab Hadrah Festival, Ketua Panitia memberikan apresiasi sekaligus harapannya. “Senang sekali melihat semangat para peserta yang luar biasa. Di usia yang masih belia, mereka berhasil menyajikan penampilan yang sangat menarik. Saya berharap bahwa lomba ini menjadi salah satu wadah untuk menemukan bibit atau talenta Seni Islami dari siswa/siswi SMP/MTs agar bisa ditindaklanjuti di tingkat SMA/MA, utamanya bagi mereka yang berminat melanjutkan pendidikan ke MAN Pekalongan.” ungkap Fauzan.
(RIP-FH/MTb/bd)