Amaliyah Ramadhan, MTs Maarif Rakit Kumpulkan Panitia Zakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Satu lagi rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan, MTs Al Ma’arif Rakit (Almafra) resmi bentuk panitia Zakat Fitrah, Sabtu (11/4). Pembentukan panitia ini berfungsi sebagai wadah untuk menampung dan mendistribusikan zakat fitrah dari segenap warga madrasah mulai dari guru, karyawan, dan siswa.

Bertempat di halaman madrasah, segenap panitia zakat yang ditunjuk, mengumpulkan mereka yang hendak berzakat. Dengan dibimbing oleh panitia dalam mengucapkan ikrar zakat, siswa mendapat pengalaman secara langsung bagaimana prosesi penyerahan zakat. Penyerahan zakat fitrah sudah dimulai sejak panitia dibentuk. Zakat yang dibayarkan dapat berupa uang sejumlah Rp.35.000 atau beras dengan ketentuan 2.7 liter.

Kepala madrasah melalui ketua panitia zakat fitrah, Syarif Hasyim menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam berzakat fitrah sekaligus menanamkan pemahaman bahwasanya zakat fitrah adalah amalan wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam sebagai penyempurna ibadah di bulan Ramadhan.

”Sebagai sesuatu yang diwajibkan, zakat fitrah memiliki keutamaan dan hikmah dimana kita bisa berbagi dengan sesama sekaligus membersihkan diri dari hal-hal yang dapat mengotori ibadah puasa,” kutip Syarif.

Ia juga mengimbau kepada seluruh wali kelas untuk mendata siswa-siswi yang layak mendapatkan zakat fitrah dari madrasah, selain itu zakat fitrah yang terkumpul juga akan dibagikan kepada warga sekitar madrasah yang benar-benar layak mendapatkan.

”Rencana zakat fitrah akan dibagikan dalam minggu-minggu ini sebelum sekolah mulai libur Idul Fitri,” jelasnya. (Ys/rf)