Angkat P5RA Bertema Toleransi, Kepala Madrasah Merasa Takjub

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

(Tegal, Slawi)-MTs Negeri 2 Tegal Laksanakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin (P5RA) pelajar kelas VII semester genap Tahun Pelajaran 2022-2023.

Kegiatan dilaksanakan Selasa, 6 Juni 2023 bertempat di ruang indoor MTs Negeri 2 Tegal, dibuka dengan penampilan tari pelajar pancasila, dan dihadiri oleh kepala madrasah dan didampingi wakil kepala akademik, serta wali kelas VII dan guru pendamping kegiatan.

Dalam pembukaannya, beliau merasa takjub dan menuturkan bahwa kegiatan ini mungkin menjadi sesuatu yang benar-benar orisinil dan bisa bermanfaat pagi para peserta.

“Dengan tema toleransi terhadap sesama manusia merupakan cara kita menghargai diri sendiri ini, saya mengapreasiasi betul kegiatan ini. Pasalnya, menjadi sebuah keniscayaan bagi kita untuk menghargai sesama ditengah kemajemukan agama, budaya, suku, ras, dan golongan yang ada di negara tercinta kita Indonesia. Dan kegiatan ini pula dapat bermanfaat bagi peserta agar mengetahui sikap toleransi dan menangkal sikap intoleransi di lingkungan Madrasah dan masyarakat ”. Ungkapnya.

Selanjutnya beliau mengapresiasi dengan bangga pada seluruh pelajar kelas VII yang telah berhasil merancang pertunjukkan drama karya pertama mereka di MTs Negeri 2.

Tak lupa pula, beliau Juga mengucapkan terima kasih kepada tim P5RA, guru dan pendamping kegiatan P5RA yang telah sukses mendampingi dan mengarahkan para pelajar kelas VII sehingga bisa sampai membuat pementasan drama.

Sementara itu, Sustanto selaku wakil kepala akademik menuturkan bahwa tema yang diangkat adalah tasamuh atau toleransi yang terjadi di sekitar lingkungan madrasah.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. P5RA pada semester genap ini mengangkat tema Toleransi (Tasamuh). Gelar Karya ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan P5RA pelajar VII di semester 2 yang dimulai sejak 3 April 2023”. katanya.

Beliau menjelaskan kegiatan yang ditampilkan berupa pertunjukan drama bertema toleransi yang terjadi di lingkungan madrasah, baik berupa hubungan antar sesama teman, kesenjangan sosial, anti perundungan, maupun tidak membeda-bedakan antar sesama teman.

“Tujuan dari kegiatan P5RA dengan tema Toleransi (Tasamuh) di MTs Negeri 2 Tegal adalah agar pelajar mengetahui sikap toleransi dan menangkal sikap intoleransi di lingkungan Madrasah dan masyarakat, dapat menerapkan sikap toleransi di madrasah dan masyarakat, bisa mengajak orang lain untuk memiliki sikap toleransi. Sedangkan karakter yang diharapkan dari Nilai Rahmatan Lil Alamin yang dalam rangkaian kegiatan P5RA ini adalah agar peserta didik memiliki sikap Sholeh sosial, menghargai orang lain, peduli sosial, kolaboratif, sikap terbuka, menghargai keberagaman, dan ujungnya adalah bersaudara atas dasar agama, kemanuasiaan, dan sesama warga atau ukhuwah islamiyah basyariyah, watoniah.” tandasnya. (er/akb)