Antusiasme Peserta Didik MAN 1 Rembang Belajar di Ruang Kelas Digital

MAN 1 Rembang — Sebanyak 27 peserta didik kelas XII IPS 1 antusias mengikuti kegiatan belajar di ruang kelas digital. Mereka merasa betah dan nyaman karena fasilitas yang ada di ruang kelas digital sangat berbeda dengan kelas reguler.

Havis Shafa Listo (XII IPS 1) mengatakan, dirinya sangat nyaman belajar di ruang kelas digital karena ruangannya ber-AC.

“Jujur, lebih nyaman belajar di sini dari pada di kelas reguler,” ungkap Havis kepada tim humas saat kegiatan belajar pada Senin (28/11/2022).

Guru Bahasa Indonesia kelas XII IPS 1, Siti Kasidah mengatakan, peserta didik lebih antusias belajar di ruang kelas digital dibandingkan dengan belajar di ruang kelas reguler.

Menurut Kasidah, di ruang kelas digital selain ruangannya ber-AC, juga terdapat peralatan digital seperti TV layar sentuh, kamera, mikropon, laptop, dan jaringan wifi.

“Antusiasme dan keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar di ruang digital lebih meningkat dari pada belajar di ruang kelas reguler,” lanjutnya.

Kasidah menambahkan, kegiatan belajar mengajar (KBM) perlu suasana baru dan sekali-kali peserta didik diajak belajar di luar kelas reguler seperti di ruang jelas digital, di perpustakaan, bahkan di alam bebas.

Kelas Digital bukan semata tuntuan zaman

Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron mengungkapkan, kelas digital bukan semata karena tuntutan zaman melainkan memang kebutuhan akan pesatnya perkembangan teknologi.

Menurut Khoiron, madrasah digital merupakan sebuah gagasan dan terobosan Kementerian Agama (kemenag) Republik Indonesia di bidang pendidikan.

“Kami berharap kepada Bapak/Ibu guru untuk sementara bersabar dan bergantian dalam pemanfaatan ruang kelas digital karena kami hanya mempunyai 1 ruang, dan semoga melalui bantuan Surat Berharga Sukuk Nasional (SBSN) dari Kemenag pusat bisa segera terwujud,” harapnya. – tejo/iq/rf

Related Posts