Apel Peringatan Hari Santri 2023 di MTs N 1 Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, (HUMAS) — Seluruh Keluarga besar MTs N 1 Pekalongan yang terdiri dari guru, tenaga kependidikan, dan seluruh siswa-siswi kelas 7,8,9 melaksanakan Apel Hari Santri Tahun 2023 pada tanggal 22 Oktober 2023 di halaman MTs N 1 Pekalongan, Ahad (22/10/2023) pagi.

Para siswa, guru , dan karyawan laki-laki tampak mengenakan pakaian atasan putih, sarung dan peci. Sedangkan para siswa, guru, dan karyawan putri memakai busana muslim putih dan kerudung hitam.

Sejak pagi walaupun hari Ahad yang biasanya libur tetapi mereka hari ini harus berangkat terlihat tetap antusias dan suasana khidmat sudah terlihat di halaman MTs N 1 Pekalongan. Ratusan siswa terus berdatangan memasuki halaman madrasah tempat apel digelar.

Apel dimulai usai Bapak ibu guru beserta karyawan mendengarkan Sambutan Presiden pada Apel Hari Santri Tahun 2023 di Surabaya secara live streaming kemudian rangkaian apel dimulai. Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed. selaku Kepala MTs N 1 Pekalongan yang juga mengenakan baju putih lengkap dengan sarung dan peci memasuki tempat apel.

Acara dimulai dengan penghormatan Bendera Merah Putih, kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, dengan menundukkan kepala sembari berdoa semoga para pahlawan diberikan tempat yang mulia di sisi Allah SWT.
Dalam kesempatan tersebut H. Mukhlisin juga mengingatkan siswa dan siswi agar terus berjuang membulatkan tekad menjadi manusia yang bermartabat menebarkan kebaikan ke seluruh umat manusia.

Apel kemudian berlanjut dengan persembahan lagu hari santri Subbanul Wathon dipimpin oleh Ibu Siti Musiyam, S.Ag, sekaligus menutup seluruh rangkaian upacara dengan sempurna.
Sehari sebelumya untuk memperingati hari santri 2023 tepatnya sabtu, 21 Oktober 2023 keluarga besar MTs N 1 Pekalongan telah sukses berpartisipasi melaksanakan gerakan pembacaan 1 milyar Sholawat Nariyah, yang dipimpin langsung oleh Kepala MTs N 1 Pekalongan. (IY, US/MTb/bd)