Badko LPQ Mijen Kembangkan Sayap Bidang Ekonomi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Quran yang lebih familiar dengan istilah Badko LPQ, pada awal pendiriannya lebih dominan diperuntukkan bagi anak-anak, namun dari waktu ke waktu lembaga ini semakin berinovasi dalam mengembangkan program kerjanya. “Sekarang, Badko LPQ memiliki banyak Alat Kelengkapan Organisasi (AKO), salah satunya adalah bidang Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), Unit Pemberdayaan Ekonomi Badko LPQ (UBED), serta Unit Sosial,” terang H. Agus Haryadi selaku Wakil Ketua 2 Badko LPQ Kota Semarang. Hal ini disampaikannya di tengah-tengah acara tasyakuran dan pembukaan usaha angkringan Badko Mijen Berkah (BMB) di Kecamatan Mijen, Kamis (29/9/2022).

Selain itu, H. Agus Haryadi mengimbau agar semangat kerja sama yang telah dibangun oleh tim, bisa dipertahankan dan ditingkatkan. “Bila sudah niat bersama-sama, maka agar masing-masing saling menjaga dan menguatkan,” pesannya.

Ia juga memberikan motivasi kepada Badko LPQ Kecamatan lainnya yang turut hadir dalam acara tersebut. “Untuk Tim dari Badko LPQ Semarang Barat, Tugu dan Ngaliyan, agar segera mempersiapkan proposal pengajuan biaya usaha angkringan ke BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Semarang, termasuk mempersiapkan pelatihan kewirausaahn bagi beberapa kecamatan yang belum,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, selaku Pendamping Produk Halal (PPH) Mathla’ul Anwar Jateng, ia menegaskan agar produk makanan dan minuman yang dijajakan di angkringan berkualitas, terutama dijamin kehalalannya. “Yang tak kalah penting, pastikan kualitas dan kehalalan makanan dan minuman yang dijual,” tandasnya.

“Tim AKO UBED Badko LPQ Kota Semarang siap memberikan pendampingan atas usaha dan produk-produk yang dikelola para anggota yang notabene adalah ustadz-ustadzah TPQ,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, hadir pula Ketua Badko LPQ Kecamatan Mijen, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Tim Angkringan 1 Badko LPQ Kecamatan Mijen, yang telah merealisasikan usaha sebagaimana harapan dari Badko LPQ Kota Semarang terkait pengembangan dalam bidang usaha dan sosial, yang disampaikan dalam kegiatan pembinaan dimana diikuti oleh Badko LPQ Kecamatan se-Kota Semarang di aula Kantor Kecamatan Semarang Barat pada beberapa bulan lalu. “Kami ucapkan terima kasih kepada ustadzah Mundarsih yang telah memandengani Bidang Usaha dan Sosial Badko LPQ Mijen, serta anggota Angkringan 1, sehingga usaha ini terwujud,” ucapnya.

Secara simbolis, acara pun dibuka dengan pemotongan tumpeng.(Agus Haryadi/NBA/bd)