Before and After Revitalisasi KUA Harus Bisa dirasakan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Surakarta (Humas)- Kakanwil Kemenag Prov.Jateng Musta’in Ahmad membuka Kakanwil membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi Teknis dan Perilaku SDM KUA Berorientasi Layanan Publik Tingkat Provinsi Tahun 2023 yang dilaksanakan di The Sunan Hotel Solo (15/6).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Habibah menyampaikan bahwa target kegiatan ini meningkatkan kompetensi teknis dan perilaku SDM KUA berorientasi layanan publik dengan menghadirkan narasumber tim pakar ahli manajemen SDM KUA.  Kegiatan ini diikuti 130 peserta yang terdiri dari 65 pegawai front office KUA revitalisasi tahun 2022 dan 65 pegawai front office KUA revitalisasi tahun 2023 Provinsi/Kab/Kota se Jawa Tengah diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 15 s.d 17 Juni 2023 di The Sunan Hotel Solo.

“Sebagai pelaksana layanan terdepan, jadilah orang pertama yang merasakan manfaat Revitalisasi KUA before dan after,” ujar Musta’in.

Tahun 2023 dari 582 KUA se Jawa Tengah telah dilakukan revitalisasi KUA sebanyak 149 KUA Kecamatan sebagai upaya peningkatan kualitas kehidupan umat beragama melalui layanan keagamaan bagi masyarakat. Dengan mengembangkan program dan layanan keagamaan, meningkatkan kapasitas kelembagaan, meningkatkan layanan transformasi digital dan memperkuat integrasi data, mengembangkan pusat data keagamaan dengan sistem deteksi dan respon dini terhadap konflik keagamaan, mengembangkan pemberdayaan ekonomi umat dan menjadikan KUA sebagai rumah moderasi beragama dengan menerapkan prosedur standar operasional, salah satu platform utamanya adalah menjadikan KUA sebagai pusat layanan keagamaan. (ps/rf)