Beri Bimbingan Manasik Haji, Kakamenag Kasiman : Niatkan Ibadah Ikhlas karena Allah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan¬† memberikan bimbingan manasik haji bagi puluhan Calon Jamaah Haji (CJH) yang sebentar lagi diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah pada awal Juni 2023 ini. Salah satu kegiatan manasik haji ini diselenggarakan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pekalongan Selatan, bertempat di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan, Selasa (23/5/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky menyampaikan bahwa, kegiatan manasik haji ini adalah salah satu program Kementerian Agama dalam memberikan edukasi, pemahaman dan pembekalan kepada calon jamaah haji.

Kasiman menjelaskan, CHJ asal Kota Pekalongan dijadwalkan berangkat dari Kota Pekalongan pada tanggal 5 Juni 2023 pukul 04.30 WIB (ba’da Shubuh) dengan mengambil titik start di Halaman Pemkot Pekalongan dan rencananya dilepas oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid menuju asrama haji Donohudan Boyolali. Kemudian, diberangkatkan ke tanah suci Mekah pada tanggal 6 Juni 2023.

“Hal-hal yang perlu disiapkan para calon jamaah haji tentunya yang pertama adalah niat tulus ikhlas memenuhi panggilan ibadah haji karena Allah Subbhanu wata’alaa,” ujar Kasiman.

Lanjutnya, hal lain yang harus dipersiapkan juga dari segi fisik kesehatan para calon haji supaya stamina mereka tetap fit, sehat, dan lancar selama menjalani tahapan pelaksanaan ibadah hajinya.

“Karena ibadah haji ini ibadah fisik juga, maka mereka juga harus persiapkan kesehatan fisik dengan makan dan minum yang bergizi dan sehat, rutin berolahraga, yang tentu sangat bermanfaat untuk menyongsong pelaksanaan ibadah haji di tanah suci,” tegasnya.

Menurutnya, untuk bimbingan tahapan-tahapan ibadah, para calon haji ini sudah diberikan secara holistik oleh masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Disampaikan Kasiman, bahwa dari KBIH sudah diberikan pemahaman tahapan ibadah haji selama di tanah suci, dimana rata-rata mereka sudah memberikan bimbingan ibadah haji kepada para calon jamaahnya, termasuk manasik haji. Kemudian, ditambah lagi dengan bimbingan ibadah haji oleh masing-masing wilayah KUA dan Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan.

“Bimbingan ibadah haji dari Kemenag dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali yaitu tanggal 17 Mei dan terakhir tanggal 27 Mei 2023. Sementara, dari KUA rata-rata sudah dimulai dari Sabtu-Kamis, 20-25 Mei 2023. Menurut saya, dari sisi bimbingan ibadah di tanah suci, para calon jamaah persiapannya sudah matang dan sudah cukup bekal,” tandasnya. (Tim KP/Ant/bd).