Berikan Pembinaan, Tingkatkan Peningkatan Profesionalisme serta Fungsi dan Tugas Pokok ASN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten (Humas) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Klaten menjadi tuan rumah pembinaan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Klaten. Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng Musta’in Ahmad hadir secara luring memberikan pembinaan kepada seluruh Kepala dan Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Klaten, Sabtu (14/10/2023).

Kakanwil Musta’in Ahmad sampaikan fungsi dan tugas pokok ASN, peningkatan profesionalisme, serta optimalisasi pemanfaatan anggaran untuk madrasah. Dengan adanya pembinaan ini, harapannya kinerja ASN lebih optimal dalam segala bidang.

“Kita ini sedang mengelola Madrasah yang masih boleh membuat komite, Alhamdulilah. Komite Madrasah bertugas mendukung peningkatan mutu pelayanan pendidikan madrasah. Dari awal harus ada rencana yang berbasis data,” tutur Musta’in Ahmad.

Ada lima fungsi Komite Madrasah. Pertama, memberikan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan dan program madrasah, penyusunan rencana kerja dan anggaran madrasah, penetapan, kriteria kinerja madrasah, dan pengembangan sarana prasarana pendidikan di madrasah.

Kedua, pemberian dukungan finansial, pemikiran, dan/atau tenaga dalam penyelenggaran pendidikan di madrasah. Ketiga, pengembangan kerja sama madrasah. Keempat, pengawasan terhadap penyelenggaran dan pengelolaan pendidikan. Dan kelima, penerimaan dan tindak lanjut keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orang tua/wali, dan masyarakat.

“Jangan takut dengan masalah, hadapi! Maka dapat trial yang kesekian akan mendapakan kesuksesan. Semoga Allah SWT menjaga kita semua untuk menjalankan Amanah ini,” pungkas Kakanwil.

Sedangkan dalam laporan dan sambutannya Kepala Kankemenag Kab. Klaten menyampaikan bahwa dewasa ini telah meningkat animo masyarakat di Kabupaten Klaten dalam menyekolahkan anak-anaknya di Madrasah. Bahkan beberapa Madrasah harus mengembalikan calon siswa karena kelebihan kuota. Maka melalui penyelenggaraan pembinaan ASN pada pagi hari ini sebagai upaya peningkatan SDM di Madrasah. (PS)