Berikan pengabdian terbaik untuk kejayaan Indonesia yang bermartabat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Melalui “Penyucian Diri dan Alam Semesta Menuju Peningkatan Kualitas Kerja” menjadi tema yang diangkat dalam Perayaan Tawur Agung Kesanga menyambut Hari Raya Nyepi 1937 di pelataran Candi Prambanan Klaten Jawa Tengah. Hari raya ini sebagai upaya penguatan motivasi untuk meningkatkan kualitas dan etos kerja dalam hidup bermasyarakat dan bernegara”. Tawur Agung ini dihadiri oleh Presiden RI, Panglima TNI AD, Menteri Agama, Menteri Pariwisata, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Gubernur Jateng, Gubernur DIY, dan FKPD.

Ribuan umat Hindu dari penjuru nusantara memadati Komplek Candi Prambanan guna mengikuti acara Tawur Agung Kasanga, selain melestarikan kearifan lokal dengan keaneragaman budaya, seni, adat istiadat melalui seni Gending Jawa dan ‘ogoh-ogoh’ untuk meramaikan Perayaan Nyepi Tahun Saka 1937 pada Sabtu besok, 21 Maret 2015.

Upacara Tawur Agung Kasanga mengandung makna terciptanya keharmonisan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan alam, dengan terbangun secara harmonis buana alit dan buana ageng, maka akan tercipta sebuah kebahagiaan serta suka cita antar manusia.

Peringatan Hari Raya Nyepi diawali dengan Melasti (pembersihan diri), Tawur Agung (membersihkan alam semesta), dan Nyepi dengan catur brata penyepian (amati geni, amati lelanguan, amati lelungan dan amati karya.

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat merayakan Nyepi kepada seluruh umat Hindu dengan harapan memperoleh kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan. Peringatan ini akan memberi inspirasi dalam membangun masyarakat berbangsa dan bernegara sekaligus menjadi sarana menciptakan kedamaian dan harmoni serta mendekatkan diri dengan Pencipta, lingkungan dan sesamanya.

“Hari Raya Nyepi sebagai upaya evaluasi diri, menciptakan pikiran yang bersih, menghindari perkataan yang kotor, kedamaian, ketentraman dan keharmonisan. Yang terpenting dengan kondisi kemajemukan bangsa Indonesia umat Hindu mampu menjadi inspirasi yang baik dan mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kemajuan bangsa dan negara Indonesia”, ucap Presiden.

Presiden mengajak umat Hindu untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan sebagai bentuk pengabdian terbaik untuk bangsa dan negara untuk kejayaan Indonesia yang lebih bermartabat.

Hadir pada kesempatan perayaan Tawur Agung Kasanga, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Ahmadi dan Kakanwil KanKemenag Provinsi DIY, H. Nizar Ali mendampingi Menteri Agama. (alif)