Bertandang Ke Disperindag Kota Magelang Untuk Kuatkan Sinergitas Program SEHATI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Mendindaklanjuti kunjungannya ke IKM Center Kota Magelang yan telah diresmikan penggunaanya oleh Walikota Magelang dua bulan lalu, Kepala Kankemenag Kota Magelang didampingi Penyelenggara Zakat dan Wakaf hari ini bertandang ke Disperindag Kota Magelang, (Selasa, 9/5).

Hal ini dimaksudkan untuk lakukan koordinasi lebih inten dengan Disperindag untuk menemukan langkah konkrit serta bersinergi dalam menyukseskan program Sertifikat Halal Gratis (SEHATI).

Sebagaimana diketahui bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) tengah menggulirkan program sejuta sertifikat halal gratis bagi paelaku UKM. Program ini menjadi realisasi dari amanah Undang-Undang No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) agar berpengaruh signifikan bagi tumbuhnya dunia industri dan percepatan industri halal.

Ditengah diskusinya, Kepala Kankemenag Kota Magelang berharap meningkatkan kerjasama dengan Disperindag untuk saling membantu memanfaatkan program Sertifikat Halal Gratis.

”Kuota satu juta sertifikat gratis ini diperuntukkan bagi pelaku UMK yang mengajukan sertifikasi halal dengan mekanisme pernyataan halal dari pelaku usaha (selfdeclare). Mekanisme selfdeclare amat mengandalkan peran pendamping proses produk halal (PPH) dan stakeholder terkait lainnnya,” ungkap Sofia Nur.

Menurutnya pula, setidaknya ada dua alasan mengapa percepatan sertifikasi halal telah menjadi program dan tanggungjawab bersama bagi seluruh stakeholder.

Pertama, Presiden dan Wakil Presiden RI menghendaki agar Indonesia pada tahun 2024 menjadi pusat produsen produk halal terbesar bukan hanya di OKI atau ASEAN saja, tapi di dunia. Kedua, Wapres RI selalu menyampaikan dan mengkampamnyekan bahwa Indonesia harus menjadi kiblat dari produk halal dunia. Lanjut Sofia Nur dalam koordinasinya.

Dikesempatan itu pula Gara Zawa Kankemenag Kota Magelang juga berharap untuk bisa berbagi data mengenai pelaku UKM yang belum memiliki sertifikat halal. Dan juga fasilitas di IKM Center bagi pendamping PPH agar lebih berikan kemudahan layanan memperoleh sertifikat halal. Ungkap Abdul Haris Tri Kusuma Edi.

Kunjungan yang ditemui langsung oleh Kepala Disperindag Kota Magelang bersama para pejabat internal lainnya ini diharapkan bisa mendorong percepatan dan optimaliasi program SEHATI bagi para pelaku UKM di wilayah Kota Magelang. (Hari/rf).