Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, WIRADESA — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni pada Kamis (13/07/2023) memberikan materi bimbingan perkawinan pada calon pengantin bertempat di Balai Nikah KUA Kecamatan Wiradesa.

Bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin  atau sering juga disebut Kursus calon pengantin (Suscatin) merupakan salah satu program yang  digiatkan pada jajaran Kantor Kementerian Agama Kab. Pekalongan melalui KUA-KUA yang ada di  Kabupaten Pekalongan

Kegiatan Bimbingan Perkawinan merupakan program Kementerian Agama RI yang dibiayai dari  DIPA PNBP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan

Dasar Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan  berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 373/2017, tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi calon Pengantin.

Tujuan Bimbingan Perkawinan pra nikah bagi calon pengantin adalah merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi. Selain itu diharapkan Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh,  karena banyak pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola keluarga.

Adapun materi wajib dari Bimbingan Perkawinan ada 8, untuk hari pertama yaitu, 1. Pre Test, Perkenalan, Pengaturan Harapan dan Kontrak Belajar: Pamitia 2.Mempersiapkan Keluarga Sakinah (Narasumber Kadi Bimas Islam Bapak H. Moh Irkham MPd), 3. Mempersiapkan Generasi Berkwalitas (Narasumber dari PLKB Kec. Wiradesa Upit R. SE ), 4. Memenuhi Kebutuhan dan Mengelola Keuangan Keluarga (Narasumber Uswatun SHl ), Adapun untuk hari kedua adalah: 1. Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga (Narasumber Kepala Kementerian Agama Kab. Pekalongan Bapak Imam Tobroni MM), 2. Menjaga Kesehatan Reproduksi (Narasumber dari Puskesmas Kec. Wiradesa Ibu Wafuani S.Tr.Keb), 3. Lanjutan Mempersiapkan Keluarga Sakinah (Narasumber H.Irkham MPd.I), 4. Refleksi, Evaluasi dan Test Pemahaman Bimwin (Narasumber Khamim Salam SHI) Hrapan agar para peserta bisa TT mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan semoga Catin menjadi Keluarga Sakinah.
Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan di KUA Wiradesa diadakan selama 2 hari, dari tanggal 12 dan 13 Juli 2023 diikuti oleh 16 Pasangan Calon Pengantin di Wilayah Kecamatan Wiradesa, kegiatan Bimbingan Perkawinan ditutup oleh Plt. Kepala KUA Wiradesa Bapak Khamim Salam SHI. (M.Taufik/MTb/bd)