Bimbingan Teknis PPIH Kloter Embarkasi SOC Dibuka Kakanwil Kemenag Prov. Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kementerian Agama RI menjadi pengendali utama tugas nasional ini, tentunya bekerjasama dengan beberapa Kementerian terkait. Maka diadakannya pelatihan Bimbingan Teknis PPIH Kloter 1444 H/ 2023 M, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis, (2/3) malam akan berlangsung selama 10 hari kedepan, mulai Kamis, (2/3) hingga 11 Maret 2023 mendatang, di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Petugas PPIH kloter akan dikarantina dan dibekali materi sebagai petugas agar mampu mempersiapkan diri untuk melindungi, melayani dan membimbing jemaah Haji.

H. Fitriyanto, Plt. Kepala Bidang Penyelenggara Haji & Umroh Kanwil Kemenag Jawa Tengah selaku Ketua Panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan umum dari pelatihan ini adalah terciptanya petugas yang kompeten, memahami tugas yang menjadi tanggung jawabnya, terampil, berdedikasi, mandiri dan berakhlaqul karimah dalam memberikan pelayanan kepada Jamaah Haji.

“Tujuan khususnya adalah terciptanya petugas Haji yang memiliki sikap pengabdian, berdedikasi dan kerja keras serta bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya yang meliputi pelayanan umum, bimbingan ibadah dan pelayanan kesehatan, dan juga memiliki kemampuan dan ketrampilan serta sikap mental yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Jamaah Haji,” jelas Fitriyanto.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, H. Musta’in Ahmad, yang juga dihadiri oleh Kakanwil Kemenag DIY, H. Masmin Afif, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jateng yang diwakili Kepala bidang P2P, Hj. Rahma Nurhayati, Kepala Asrama Haji Donohudan, H. Bambang Sumanto serta Kepala Bidang Penyelenggara Haji & Umroh Kanwil Kemenag Jawa Tengah dan Kanwil Kemenag DIY.

Turut memberikan sambutan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jateng yang diwakili Kepala bidang P2P, Hj. Rahma Nurhayati, yang meminta Dokter dan para medis agar selalu sehat dan menjaga kesehatan sebab mereka mengurus Kesehatan Jamaah Haji.

“Jangan sampai malah petugasnya yang diurus sebab sakit, sebab hampir 30% calon Jemaah Haji tahun ini dalam kategori lansia,” jelasnya.

Rahma juga menitipkan 3 hal yang perlu dicermati, yakni integritas, budaya kerja keras, dan budaya melayani. “Ini salah satu tahapan sebagai petugas dalam persiapkan diri dan hati, mohon cermati dan pahami untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” tutupnya.

Banyak pesan yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, pada pembukaan Bimbingan Teknis PPIH Embarkasi Donohudan (SOC) Tahun 2023 di Gedung Musdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Kegiatan dilanjutkan penyematan ID card oleh Kakanwil Kemenag Jateng didampingi Kakanwil Kemenag DIY, Kepala bidang P2P dan Kepala Kantor Pelabuhan Semarang.(Sua/Rf)