Bimtek Peningkatkan Mutu Pendidikan MDT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Sebagai institusi pendidikan agama yang telah sekian lama eksis dan banyak diminati masyarakat, Madrasah Diniyah Takmiliyah perlu terus ditingkatkan mutu pembelajarannya. Peningkatan layanan pembelajaran yang bermutu merupakan salah satu bentuk respon dan tanggung jawab dari penyelenggara atas kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan keagamaan ini.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), Selasa (23/8), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal mengatakan konsep dasar peningkatan kompetensi lembaga pendidikan MDT dimulai dari pengelolaan sumber daya manusianya.

“Di antara komponen utama yang harus mendapat perhatian dalam upaya menciptakan proses pendidikan bermutu adalah kompetensi pedagogik guru yang harus ditingkatkan dengan wawasan metode pembelajarannya yg bervariasi,” terang Mahrus.

Dijelaskan Ketua DPC FKDT Kabupaten Kendal, Ahmad Fauzan kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari guru MDT NU, MDT Muhammadiyah dan MDT Rifa’iyah seKabupaten Kendal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, pemahaman guru dalam bidang metodologi pembelajaran di Madrasah Diniah Takmiliah di Kabupaten Kendal.

“Ini merupakan krgiatan Bimtek angkatan pertama, yang mana nantinya akan dilaksanakan sebanyak 3 kali yang masing-masing angkatan berjumlah 50 orang guru dari MDT NU, MDT Muhammadiyah dan MDT Rifa’iyah Kabupaten Kendal,” terang Fauzan.

Sementara itu, Pj. Sekda Kendal, Sugiono dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal sangat menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pendidik pada Madrasah Diniyah Takmiliyah yang di selenggarakan DPC FKDT Kabupaten Kendal. Pihaknya berharap, terselenggaranya kegiatan ini bisa mengembangkan keterampilan dan kemampuan, sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama kepada para santri Madrasah Diniyah Takmiliyah.

“Saya berharap Ustadz Ustadzah Madrasah Diniyah Takmiliyah tetap eksis dan berperan lebih komprehensif dibidang pendidikan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas diri masing-masing, mengingat para guru menjadi ujung tombak peningkatan SDM karakter santri di Kabupaten Kendal melalui Bimtek seperti ini,” terang Pj. Sekda Kendal. (bel/rf)