Bupati Kendal Buka Turnamen Sepak Bola Darul Amanah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto, didampingi istri yakni Chacha Frederica, Kapolres Kendal AKBP, Dandim 0715/Kendal, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kab. Kendal, Forkompimcam Kecamatan Sukorejo dan para tamu undangan hadiri pembukaan Turnamen Sepak Bola Darul Amanah CUP U-15 Tahun 2023 di Lapangan Darunnajah Pondok Pesantren Darul Amanah, Jum’at (2/6).

Turnamen Sepakbola U 15 ini, merupakan rangkaian perayaan milad (ulang tahun) ke 33 Ponpes Darul Amanah. Yang akan digelar selama tiga hari dan diikuti oleh 32 tim dari pesantren Kabupaten/Kota seJawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Sehingga kegiatan ini juga dihadiri Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Asprov Jawa Tengah, dan Pengurus Askab. Kendal.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Kendal menyampaikan kepada peserta agar menjaga sportivitas dalam bertanding. Dengan harapan event ini bisa menjadi upaya untuk melahirkan bibit potensi atlet-atlet masa depan yang bisa membanggakan bangsa dan negara. Sebab, menurutnya, beberapa waktu yang lalu bangsa Indonesia telah melihat bahwa Timnas Indonesia berhasil menumbangkan Timnas Thailand dalam SEA Games 2023. Prestasi tersebut diraih setelah menanti selama 32 tahun.

“Kegiatan event olahraga ini, harus menjadi ajang mempererat tali silaturrahim. Kita bisa bertemu dari berbagai daerah untuk bisa saling bertanding maka yang kita kedepankan adalah sportivitas. Ini merupakan titik balik bagaimana kita, generasi muda harus memiliki optimisme yang tinggi,” ujar Bupati.

Bupati lantas mengungkapkan pengalaman dirinya ketika belajar di luar negeri. Ia menilai, mental bertanding dan mental juara harus ditanamkan terlebih dahulu dibandingkan kemampuan fisik. Sejalan dengan hal itu, ia pun memberi motivasi agar para peserta Darul Amanah Cup menunjukkan semangat yang sama dengan timnas Indonesia.

“Ketika di final kemarin melawan Thailand secara fisik kita memiliki kemampuan untuk bersaing dengan atlet-atlet yang ada di negara-negara maju. Nah, sekarang kalau kita mau lebih tinggi lagi kita harus mempersiapkan mental. Nanti yang berhasil menjadi juara, saya akan memberikan hadiah khusus,” pungkas Bupati Dico.

Senada, asisten pelatih Timnas, Nova Arianto mengungkapkan turnamen sepakbola Darul Amanah Cup 2023 merupakan yang pertama kali digelar dengan tanpa pungutan biaya sepeserpun bagi peserta. Dirinya juga memberikan motivasi kepada 736 pemain dan official yang ikut dalam ajang tersebut.

“Ini merupakan ajang terkeren, selama saya keliling belum pernah ada turnamen besar yang digelar tanpa memungut biaya. Karena ini adalah U15, saya ingatkan untuk teruslah belajar di sekolah, sebab sepakbola sekarang adalah sepakbola pengambilan keputusan. Yang dipakai tidak hanya otot, tapi juga otak. Jadi untuk menjadi pemain sepakbola itu harus pintar, dan orang pintar itu harus sekolah,” bebernya.

Pembukaan Turnamen Darul Amanah CUP Tahun 2023 ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Kendal didampingi para tamu undangan lainya. (DA/bel/rf)