Bupati Magelang Melepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji Kabupaten Magelang Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Bupati Magelang, Zaenal Arifin didampingi jajaran Forkompimda dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Panut bersama jajarannya melepas keberangkatan 345 jamaah calon haji kloter 12-SOC. Pelepasan tersebut berlangsung di halaman Setda Kabupaten Magelang, Jum’at (10/06/2022).

Pemberangkatan ditandai dengan dikibaskannya bendera start pada pukul 16.00 WIB. Rombongan jamaah calon haji menggendarai 8 bus menuju asrama haji donohudan dan direncanakan sampai di Donohudan pukul 19.00 WIB.

Pada hari sebelumnya, Kamis (09/06/2022) dilepas 171 jamaah calon haji kloter 11-SOC ditempat dan waktu yang sama. Pelepasan kloter 11 yang terdiri dari 5 bus.

“Semoga jamaah calon haji yang berangkat ke tanah suci senantiasa diberikan kesehatan, kelancaran, kemudahan dan menjadi haji mabrur,” harap Zaenal.

Walaupun keberangkatan tahun ini tidak penuh kuotanya serta ada kebijakan pembatasan umur, menurut Zaenal hal tersebut patut disyukuri dan berharap di tahun mendatang kondisi sudah normal termasuk terkait dengan kuota dan tidak ada pembatasan umur maksimal 65 tahun.

Sejalan dengan Bupati Magelang, KakanKemenag Kab. Magelang, Panut, berharap kebijakan haji tahun depan sudah berubah dan normal kembali. Panut menjelaskan untuk kuota awal pemberangkatan haji Kabupaten Magelang pada tahun ini berjumlah 549 jamaah. Dari 549 jamaah tersebut ada yang tertunda keberangkatannya dan dibatalkan karena beberapa hal.

“Penundaan itu salah satunya karena usianya diatas 65 tahun, sehingga mengurangi kuota awal. Untuk tahun ini yang berangkat hanya 516 jamaah,” jelas Panut. Selain penundaan karena umur, ada yang gagal tidak lulus screening kesehatan, mengalami positif TB (Tuberculosis) paru, dan gagal berangkat. Sementara untuk screening Covid-19 jamaah calon haji Kabupaten Magelang hasilnya nihil.(FS/Sua)